Pengembangan soal tipe TIMSS pada materi perbandingan kelas VII SMP
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal tipe TIMSS pada materi perbandingan kelas VII SMP yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan design research tipe development studies. Prosedur pengembangan soal pada penelitian ini terdiri dari tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan metode deskriptif dengan menguraikan aktivitas siswa saat mengerjakan soal di kelas pada saat observasi dan menguraikan saran dan komentar terhadap butir soal yang dikembangkan dari hasil wawancara bersama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga butir soal tipe TIMSS pada materi perbandingan kelas VII SMP yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Karakteristik soalnya sudah sesuai dengan karakteristik soal TIMSS karena berkaitan dengan konteks nyata, soal sesuai untuk siswa kelas VII, soal sudah mengembangkan tiga level kognitif, dan soal sudah dapat dipahami. Valid secara kualitatif diperoleh dari penilaian teman sejawat, sedangkan secara kuantitatif diperoleh setelah pelaksanaan uji validitas pada siswa kelas VII. Butir soal nomor 1 dengan nilai koefisien validitasnya adalah 0,5606, butir soal nomor 2 dengan nilai koefisien validitasnya adalah 0,8186, dan butir soal nomor 3 dengan nilai koefisien validitasnya adalah 0,7305. Kepraktisan soal diperoleh setelah dilakukan revisi berdasarkan komentar siswa pada tahap small group
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021, Mei). Faktor-faktor Kesulitan Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311-320. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Anggraena, Y. (2019, Desember). Pengembangan Kurikulum Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penalaran dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 15-27. doi:10.35316/alifmatika.2019.v1i1.
Bakker, A. (2018). Design research in Education. London: Routledge.
Dewi, K. M., & Nuraeni, R. (2022, Maret). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 151-164. Retrieved from https:// journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus
Dharma, I. M., Wahyuni, L. T., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. (2022). Faktor Penyebab dan Alternatif Solusi Rendahnya Kemampuan Reasoning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 554-562. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/54954
Hamidah, D., Putri, R. I., & Somakim, S. (2017). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p1-10
Hendri, P. (2020, Juli). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia berdasarkan TIMSS. JPd Matematika, 3(2), 111-117. doi:https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Kuswanti, Y., Setiawani, S., & Lestari, N. D. (2017). Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII berdasarkan Dimensi Kognitif Trends International Mathematics and Science Studi (TIMSS) (Analysis of Test Items in student Mathematics Text Book 2013. Jurnal Edukasi, 7(3), 25-29. doi:https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6156
Lesiana, F., Susanti, E., Putri, R. I., & Aisyah, N. (2022). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Konten Aljabar Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 100-108. doi:https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.40836
Mulyadin, E., Suwanto, S., & Dusalan , D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Pateri Perbandingan SIswa SMP. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-51.
Nurfaidah, I., Pasani, C. P., & Sari, A. (2023, Maret). Pengembangan Soal Matematika Model TIMSS Level Tinggi Menggunakan Konteks Lahan Basah. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3(1), 103-113. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta
Pratiwi, I., Zulkardi, & Susanti, E. (2016, Juli). Pengembangan Soal Matematika Berkarakteristik TIMSS Tipe Pemecahan Masalah pada Topik Geometri Pengukuran Volume Kubus dan Balok Kelas VIII. Jurnal Elemen, 2(2), 146-160.
Putra, Y. Y., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 10-16. doi: https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4832
Rahmawati, D. (2020, Maret). Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah pada Materi Perbandingan berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonimi Bloom. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 13-21.
Rajab, V., Darmawijoyo, & Hartono, Y. (2022). Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Paket Wisata Alam. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 10(1), 26-31.
Ratna, S. M. (2021). Pengembangan Soal Tipe TIMSS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII. Ponorogo: FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Rosalina, E., & S Elly, A. (2018, Desember). Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction, 1(2), 90-97. doi:https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.490
Sa'adah, A., Misri, M. A., & Darwan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika HOTS Bertipe PISA. Journal For Islamic Social Sciences, 3(1), 53-64. doi:10.24235/holistik.v3i1.5566
Sari, M. R., & Ekayanti, A. (2022, Juni). Pengembangan Soal Tipe TIMSS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII. Journal of Education and Language Research, 1(11), 1660-1668. doi:https://doi.org/10.53625/joel.v1i11.2706
Sari, N. M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi perbandingan kelas VII SMP luhur baladika. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 22-33.
Sausan, S. D., Yensy, N. A., & Siagian, T. A. (2021, April). Diagnosis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 111-120. doi:https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.111-120
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 26-33. doi:10.31604/ptk.v3i1.26-33
Supriana, & Rahmat, T. (2022). Analisis Aspek Kognitif TIMSS pada Soal Latihan Buku Ajar Matematika Kelas VIII Kurikulum 2013 Semester II. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(6), 549-559. doi:https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.13380
Toyib, M., Rohman, N., & Sutarni, S. (2019, November). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan pada Siswa dengan Kecerdasan Logis-Matematis Tinggi. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(2), 64-180. doi: http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.3.2.63-80
Vebrian, R., Darmawijoyo, & Hartono, Y. (2022). Pengembangan Soal Matematika Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Paket Wisata Alam. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan kependidikan, 10(1), 26-31. doi:https://doi.org/10.35438/e.v10i1.189
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7063
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0