Investigasi literasi matematika siswa menengah pertama: bagaimana literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA?

Andi Mulawakkan Firdaus

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran literasi matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Makassar pada tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal PISA. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan campuran (Mixed Methods Research) yang dirancang untuk mengetahui literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Data yang diolah adalah data literasi matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes dan wawancara. Soal yang digunakan dalam tes mengukur literasi matematika siswa adalah soal-soal yang diadaptasi dari PISA yang berjumlah 3 soal dan terdiri dari level 1,3 dan 5. Soal-soal ini dikerjakan oleh 30 orang siswa dalam 45 menit. Berdasarkan olahan data, diperoleh bahwa literasi matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Makassar tergolong baik untuk level 1 dan 3, kurang sekali untuk level 5. Adapun kesulitan yang paling dominan dialami siswa adalah kesulitan dalam perhitungan, kesulitan menganalisis soal, dan kesulitan dalam memahami soal cerita.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Yunus dkk. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Sains. Jakarta: Bumi Aksara.

Agustin Puspitasari, Susi Setiawati, N. D. S. L. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Metematika. Jurnal Ilmiah Universitas Jember,3(2), 1-7.

Al-Ghofiqi, M., Irawati, S., Rahardi, R. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Berkemampuan Matematika Rendah Dalam Menyelesaikan Ill-Structured Problem. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 No. 10, 1386-1395.

Azka, A., & Budiman, I. (2023). Analisis Literasi Matematis Pisa Kelas Ix Smp Al Mubarok Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(2), 197-206.

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA kelas X dalam menyelesaikan soal tipe PISA konten change and relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802-2815.

Firdaus, A. M., & Hadaming, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN Ganrang Jawa 1 dan SDI Teamate. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(3), 172-192.

Gibney, J. (2014). Provoking Mathematical Thinking: Experiences of doing Realistic Mathematics Tasks with Adult Numeracy Teachers. Adults Learning Mathematics: An International Journal, 9(2), 97-115.

Habibi, H., & Prahmana, R. C. I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe. Jurnal Varidika, 33(2), 116-128.

Hikmaturrahman. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Takalar Dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme for International Student Assessment).

Kasman, R. A., & Sape, H. (2023). Meta-Analisis: Literasi Digital Pada Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 102-106.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (jurnal nasional pendidikan matematika), 4(2), 195-211.

OECD PISA. (2014). Buku Tes Matematika PISA. Jakarta Pusat.

OECD. (2014). Modul Pelatihan PISA. Jakarta Pusat.

OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. New York: Coloumbia University.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1-12.

Rosalina, A. D. (2017). Profil Pemecahan Masalah Pisa Pada Konten Change and Relationship Siswa Smp Ditinjau Dari Kecerdasan Liguistik, Logis-Matematis, Dan Viusal-Spasial. Jurnal MathEdunesa, 6(3), 53-62.

Sa’dijah, C. (2014). Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). Vol. 20, No.2: 222-227.

Saputro, R., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Schukajlow, S. and Krug, A. (2014). Do Multiple Solutions Matter? Prompting Multiple Solutions, Interest, Competence, and Autonomy. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 45, No. 4, 497–533.

Stacey, K. (2014). What Is Mathematical Thinking and Why Is It Important? Journal of Mathematics Behavior. 39-48.

Sugiyono. (2016). Motode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:ALFABETA

Sukmawati, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dahlan (pp. 734-743).

Uyangör, Sevinc M. (2019). Investigation of the Mathematical Thinking Processes of Students in Mathematics Education Supported with Graph Theory. Universal Journal of Educational Research. 7(1): 1-9.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik indonesia: Hasil PISA dan faktor penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11-19.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7734

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0