PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS -1 SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE
Sari
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS-1 SMA N. 5 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengambilan data adalah melalui pengamatan (observasi), wawancara secara langsung maupun tidak langsung. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman yakni, tes awal dan tes akhir, data dikelola secara induktif dan deduktif. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS-1 SMA N. 5 Kota Ternate dapat digunakan oleh setiap guru mata pelajaran khususnya guru agama Islam.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Pembelajaran Agama Islam, Hasil Belajar
Teks Lengkap:
Hal. 142-165DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i2.1020
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Journal Name | Jurnal Edukasi |
Print ISSN | 1978-6115 |
Elektronik ISSN | 2597-9213 |
Publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun |
Address | Jalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara |
Country | Indonesia |
j.edukasi@unkhair.ac.id / edukasi2019@gmail.com | |
URL | https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/index |
DOI | http://doi.org/10.33387/edu |
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.