UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MATERI PEWARISAN SIFAT PADA MAHLUK HIDUP KELAS IX- 6 SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

Amina Puradin, Said Hasan, A.R Tolangara

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran team games tournament kelas IX6 SMP Negeri 4 Kota Ternate tahun pelajaran 2018- 2019 pada materi pewarisan sifat pada mahluk hidup, Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2018. Jenis penelitian yakni desain penilitian tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakan dua siklus. Hasil Penelitian menunjukkan Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajara IPA  materi Pewarisan sifat pada Mahluk hidup kelas IX6 SMP Negeri 4 Kota Ternate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat bahwa prestasi belajar siswa kelas IX6 pada tes awal nilai rata-rata 40, 27% ketuntasan. Sedangkan pada post test 1 nilai rata-rata 60.04 dan peningkatan hasil belajar sebesar 23% dengan gain score 0.46 kategori sedang. Pada post test 2 nilai rata-rata siswa 82.09, ketuntasan 95% dan peningkatan hasil belajar sebesar 45% dengan gain score 1.23 kategori tinggi.

 

Kata kunci: TGT, Hasil Belajar, Pewarisan Sifat Pada Mahluk Hidup


Teks Lengkap:

Hal. 57-65


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1080

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.