IMPROVE STUDENTS’ COMPETENCE IN READING COMPREHENSION BY USING 5E (ENGAGMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, AND EVALUATION) MODEL AT SMP NEGERI 40 HALMAHERA SELATAN

Saiful Latif

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauhmanakah penggunaan model pembelajaran siklus 5E untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas 2 SMP Negeri 40 Halmahera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif khususnya pre -experimental dan menggunakan satu grup test awal dan test ahir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMP Negeri 40 Halmahera Selatan dengan total berjumlah 26 siswa. Peneliti menggunakan semua siswa di kelas tersebut sebagai sample dengan menggunakan  conveniont sample. Instrumen ini menggunakan soal pilihan ganda 50 butir soal test awal dan test ahir kemudian analisis menggunakan rumus t-test. Hasil ini menginformasikan bahwa ada perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dari pencapaian siswa. Pada hasil nilai tes awal 914 dan tes akhir 1280, kemudian hasil dari analisis statistik pada level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df) adalah 25. Menunjukkan bahwa t-test 11.34 lebih besar dari pada t-table 1.708. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pemahaman membaca siswa meningkat sesudah menggunakan model pembelajaran siklus 5E.

Kata Kunci


Pemahaman Membaca, model pembelajaran siklus 5E

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach t Language Pedagogy 2nd Edition.New York : Longman.

Campbell, M.A. 2000. The effects of the 5E learning cycle on students’ understanding of force and motion concepts. M.Sc thesis, University of central florida.

Ergin, G., Ünsal, Y. & Tan M. (2006). “5E Modeli‘Nin Öğrencilerin Akademik Başarısına Ve Tutum Düzeylerine .

Iskandar. 2010. Metode penilitian pendidikan dan sosial (kuantitatif dan kualitatif). Jakarta : G.P Press.

Lorsbach, Anthony W. 2002-2006 The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Instruction. Tersedia: www.coe.ilstu.edu/

Nidya, Aprillia.2015. Improving Reading Comprehension Of The Eighth Grade Students At Smpn 6 Yogyakarta Through Posse Strategy. Yogyakarta, UNY.

M, Sabil, Abdul, Aziz. Rolisda,Yosintha. And Agus ,Kamaludin. 2013. UN Bahasa inggris SMP. Andi Yogyakarta.

Mcnamara. 2007. Reading comprehension strategies, New York: lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Mikulecky, B. S and Jeffries, L. 2007. Advanced Reading Power. New York: Pearson Education.

Norman, GR. 1985. Assessing Clinical Competence. New York: Springer: 330-341.

Richards, C. J. and Renandya, A. W. 2002. Methodology in Language Teaching An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaveny, Niza. 2017. Teaching Reading Comprehension by Using Directed Activities Related to Text (DRTA) for the Students. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP YDB Lubuk Alung. Jurnal KATA: Vol 1 No. 2 Oktober 2017. Sited on 20th January 2020.

L R. Gay. 2006. Educational Research Compotencies for Analysis and Aplication Fourth Edition. Macmilan Publising Company. Canada.

Wibowo, Arie. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembang Tahun Ajaran 2009/2010).

Zimmermann, Susan, and Hutchin Chryse. 2003. Seven Keys to Comprehension: How to Help Your Kids Read it and Get it! New York: Three Rivers Press




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i1.1595

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.