PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN ICT

Karman La Nani

Sari


Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran statistis (KPS) mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan KPS mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT (PBP berbantuan ICT). Penelitian ini berbentuk quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 51 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling dari 102 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pengantar statistika. Penelitian ini mempunyai dua variabel, yaitu: penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan ICT sebagai variabel bebas dan kemampuan penalaran statistis mahasiswa sebagai variabel tak bebas. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah instrumen tes KPS berjumlah 6 butir soal berbentuk essay. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif, meliputi: deskripsi pencapaian dan peningkatan KPS mahasiswa. Analisis inferensial adalah menggunakan statistik uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan KPS mahasiswa yang memperoleh PBP berbantuan ICT lebih baik dibandingkan yang memperoleh pembelajaran konvensional (PK). Pencapaian KPS mahasiswa yang memperoleh PBP berbantuan ICT dalam kategori baik sedangkan yang memperoleh PK dalam kategori cukup. Peningkatan KPS mahasiswa yang memperoleh PBP berbantuan ICT tergolong tinggi dan yang memperoleh PK tergolong sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa antara yang memperoleh PBP Berbantuan ICT dan yang memperoleh PK. Signifikansi perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan PBP berbantuan ICT dapat meningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa.

Kata Kunci


Kemampuan Penalaran Statistis, Pembelajaran Berbasis Proyek, ICT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A., (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S., (2004). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara.

Cernel, J.L., (2008). The Effect of a Student-Designed Data Collection Project on Attitudes Toward Statistics. Journal of Statistics Education Volume 16, Number 1 (2008), www.amstat.org/publications/jse/v16n1/carnell.html. Diakses, 25 Mei 2012.

Gaer, S. (1998). What is Project based learning? (Online), (http://members.aol.com/ Culebra Mom/ pblprt.html, diakses 3 Agustus 2012).

Garfield, J. & Chance, B., (2000). Assessment in statistics education: Issues and challenges. Mathematical Thinking and Learning, 2, 99-125.

Hake, R.R., (1999). Analyszing Change/Gain Score Woodland Hills Dept.of Physics. Indiana University. [Online]. Tersedia: http://physic.indiana.edu/sdi/analyzing. Change-Gain: pdf. [Diakses 28 Maret 2013].

Isjoni, (2010). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Kusumah, S.Y., (2011). “Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswaâ€. Makalah disajikan dalam Kegiatan Pelatihan Aplikasi Teknologi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika, 16 Desember 2011.

Lanani, K. (2014). Analisis Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Statistis Mahasiswa Tadris Matematika STAIN Ternate. Laporan Studi Pendahuluan.Tidak diterbitkan.

La Nani, K. (2015a). Efektivitas pembelajaran kooperatif ditinjau dari peningkatan kemampuan penalaran logis matematis siswa. Infinity, 4(2), 140–151. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.78

La Nani, K. (2015b). Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis, dan Academic Help-Seeking Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT. Universitas Pendidikan Indonesia.

La Nani, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Berbantuan ICT dan Instrumen Penelitian untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis dan Academic Help-Seeking Mahasiswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2).

La Nani, K. (2019). THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING USING ICT IN MATHEMATICAL PROFICIENCY IMPROVEMENT of HIGH SCHOOL STUDENTS IN THE REGION of NORTH MALUKU AT 3T. International Conference On Teaching and Learning, 1.

Moore, D. S., (1997). Statistics: Concepts and Controversies (4th ed.), New York: W. H. Freeman and Company.

Munir, (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nassir, S.M.S., (2013) The Effectiveness of Project-based Learning Strategy on NinthGraders' Achievement Level and their Attitude towards English in Governmental Schools -North Governorate, A Thesis Submitted to the Curriculum & Instruction Department, Faculty of Education in Partial Fulfillment of the Requirements for the Master Degree in Education

Nivita, R., (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS pada Materi Trigonometri di Kelas XI IA1 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal STKIP Bina Bangsa Meulaboh,Volume V Nomor 1.Januari-Juni, 2014, ISSN 2086-1397, 128-135.

Parke, S.C., (2008). Reasoning and Communicating in the Language of Statistics. Journal of Statistics Education, Volume 16, Number 1 (2008), www.amstat.org/publications/ jse/v16n1/parke.html. [8 April 2013].

Rahman, M. H., & Ahmad, Z. (2017). KOMPETENSI GURU IPA SMP PULAU BACAN KABUPATEN HALMAHERA SELATAN. HUMANO, 7(2), 207–216.

Roschelle, J. M., Pea, R. D., Hoadley, C. M., Gordin, D. N., & Means, B. M. (2000). Changing How and What Children Learn in School with Computer-Based Technologies: The Future of Children. Children and Computer Technology, 10(2), 76-101.

Rumsey, D. J. (2002). "Statistical literacy as a goal for introductory statistics courses," Journal of Statistics Education [Online], 10(3), http://www.amstat.org/publications/jse/v10n3/rumsey2.html).

Santoso, S., (2006). Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Santyasa, & Sukadi, (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Materi Pelatihan Sertifikasi Guru di Provinsi Bali, Undiksha.

Sudijono, A., (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, (2005). Metoda Statistika. Edisi ke 6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U., (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bandung: UPI.

Sundayana, R., (2012), Pengaruh Perkuliahan Statistika Berbantuan Ms. Excel dan SPSS dengan Model Pembelajaran Tutorial Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis. Universitas Pendidikan Indonesia: Respository.UPI, edu.

Thomas, J.W., (2000). A Review of Research On Project-Based Learning. Supported by The Autodesk Foundation 111 McInnis Parkway San Rafael, California.[online].(http:/www.autodesk.com/foundation.(Diakses Tanggal, 17 November 2012).

Wijaya, T., (2011). Cepat Menguasai SPSS 19 untuk Olah & Interpretasi Data Penelitian & Skripsi. Yogyakarta: Cahaya Atma.

Ying Cui, Robert R.M.,& Gotzmann, A., (2010). Evaluating Statistical Reasoning of College Students in the Social and Health Sciences with Cognitive Diagnostic Assessment, Centre for Research in Applied Measurement and Evaluation (CRAME), University of Alberta.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i1.1617

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.