PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI TK KHALIFAH KOTA TERNATE

Bujuna Alhaddad, Haryati Haryati, Umikalsum Arfa

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses dan penggunaan perangkat pembelajaran kewirausahaan di Taman Kanak-kanak Khalifah kota Ternate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Taman Kanak-kanak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif deskriptif yang di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan mengintrepetasikan langsung pada proses kegiaan pembelajaran. Berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan proses pembelajaran dalam bentuk RKH, program lembaga, visi, misi dan tujuan konsisten dengan praktek pelaksanaan pembelajaran berbasis kewirausahaan. Strategi pembelajaran menggunakan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dan menanamkan pembelajaran kreatif dengan kegiaan market day, outing, outbond dan fun cooking. Perangkat pembelajaran kreatif berbasis kewirausahaan di TK Khalifah Ternate menggunakan kurikulum KTSP dengan model BCCT, RKH terintegrasi dengan pembelajaran kewirausahaan dimana peserta didik akan lebih kreatif, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, disiplin, mandiri dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan kemampuannya dan dapat diukur dalam penilaian melalui daily report.

Kata Kunci


pembelajaran, kreatif, kewirasusahaan

Teks Lengkap:

Hal 72-87

Referensi


Agus, W. 2011. Pendidikan Kewirausahaan. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2006.PAUD Investasi Masa Depan Bangsa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, W, Carey, L and Carey, J (2005) The Systematic Design of Intruction Boston,MA Pearson.

Guntur, T. Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Jogjakara: Laksbang Pressindo.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

_______. 1999. Perkembangan anak. Alih bahasa: med. Meitasari djandrasa dan muslichah zarkasih, jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kustiah, S. 2000. Psikologi Perkembangan II. Makassar : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Maimunah . 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.

Masitoh dkk(2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakara. Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Inovatif, 2006

Muhammad. 2010. Deteksi Bakat & Minat Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Garailmu.

Munandar Utami. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Munandar Utami . 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat: Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Peraturan Menteri No. 5 Tahun 20013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Poppy Karmalia Devi dkk (2009). Pengembangana Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Bandung PPPPTK IPA.

Rita, M. 2008. Pembelajaran Kreativitas untuk Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Seto, M. 2009. Bermain dan Kreativitas Anak. Jakarta: Wacana Prima

Suherman, E. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Takdir, A. 1983. Kreativitas. Jakarta: Dian Rakyat.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Utoro, Budi. 2000. Kreativitas Anak. Online (http://www.mail-archive.com/balita-anda@indoglobal.com/msg13163.html). Diakses 7 Februari 2017.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i1.1693

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.