KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FAKTA DAN OPINI DALAM TEKS SURAT KABAR MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE
Sari
Abstrak
Berawal dari permasalahan riil di lapangan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji permasalahan seperti 1) Bagaimanakah Kemampuan Mengidentifikasi Fakta dan Opini dalam Teks Surat Kabar Melalui Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate? 2) Sejauhmanakah kemampuan siswa dalam membedakan antara fakta dan opini lewat membaca intensif dengan media surat kabar?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi fakta dan opini lewat kegiatan membaca intensif dengan media surat kabar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-I SMP Negeri 4 Kota Ternate berjumlah 24 siswa pada kelas VIII-I. Berdasarkan populasi tersebut, sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII-I SMP Negeri 4 Kota Ternate (sampel populatif). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif.
Dengan mengunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu pengamatan, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa antusias dalam kegiatan mengidentifikasi fakta dan opini lewat membaca intensif pada surat kabar. Peneliti melakukan penelitian kepada siswa yang berjumlah 24 siswa dan sebanyak 11 siswa mendapatkan kualifikasi baik dan sebanyak 6 siswa mendapatkan kualifikasi cukup dan sisanya 7 siswa mendapatkan kualifikasi kurang. Artinya terdapat 70,8 % siswa yang bisa membedakan fakta dan opini lewat membaca intensif dengan media surat kabar.
Â
Kata Kunci : Fakta dan Opini, Membaca Intensif.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i1.179
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.