PENERAPAN METODA PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN MATERI POKOK EKOSISTEM DAN KOMPONEN PENDUKUNGNYA BAGI SISWA KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Emmi Bessy

Sari


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi  Dalam Belajar  Biologi  Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Kota Ternate.

   Sampel penelitian adalah kelas X dengan jumlah 30 siswa yang terambil dengan teknik Cluster Random sampling. Instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Tes Uji Kompetensi,  Angket siswa, Lembar observasi, Wawancara dan Refleksi.

          Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu studi yang digunakan untuk mengumpulkan data, mendeskripsikan, mengolah, menganalisa, menafsirkan dan menyimpulkan data sehingga diperoleh gambaran yang sistematis.

Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran  dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan  prestasi mata pelajaran biologi di kelas X Semester II  SMA Negeri 5 Kota Ternate

Hasil belajar  mata pelajaran biologi dengan materi Ekosistem dan Komponen Pendukungnya   melalui  penerapan metode pembelajaran Diskusi  dapat disajikan sebagai berikut:

  1. 1.        Hasil belajar pada siklus I nilai rata –rata menunjukkan.75,13
  2. 2.        Hasil belajar pada siklus II nilai rata-rata menunjukkan.77,26
  3. 3.        Hasil pada siklus III, nilai rata-rata menunjukkan.83,16

        Dengan hasil tesebut menunjukan bahwa ada upaya peningkatan secra positif  terhadap Prestasi Belajar Biologi Dengan Materi Pokok Ekosistem dan Komponen Pendukungnya  Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Bagi siswa kelas X Semester II SMA Negeri 5 Kota Ternate Maluku Utara.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Biologi, Ekosistem dan Komponen Pendukung, Metoda Diskusi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i1.181

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.