PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

Dahri Hi. Halek

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi pratindakan, siklus I, dan Siklus II.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIISMP Negeri 4 Kota Ternate. Pembelajaran IPS pada pratindakan adalah pembelajaran konvensional. Pembelajaran IPS siklus I dan II dengan materi Bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan berjalan dengan lancar. Hasil penelitian tentang hasil belajar siswa pada pratindakan 33%, siklus I 57% dan siklus II 89%.

Kata kunci: make a match, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i1.187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Journal NameJurnal Edukasi
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailj.edukasi@unkhair.ac.id / edukasi2019@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/edu

 

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.