PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bransford, John D., Ann L. Brown, and Rodney R. Cocking (eds). 2000. How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. Washington D.C.: National Academy Press.
Bordner. 1993. and may play a primary role in the etiology or progression of age-associated pathologies [McNaull et al.oleh AA Simen - ‎2011 - ‎Dirujuk 104 kali - ‎Artikel terkait.
Bilgin, Ibrahim. 2009. The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and base concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Scientific research and essay. Vol.4 (10). pp. 10381046.
Brickman, P, dkk. 2009. Effect of Inquiry-based Learning on Students'. Science Literacy Skills and Confidence. Jurnal International for the. Scholarship of.
Conbern, W.M. 1996. Constructivism and Non-Western Science Education Research. International Journal of Science Education, 4 (3): 287-302.
Corebima, A.D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir selama Pembelajaran demi Masa Depan Kita. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia, Prodi Pendidikan Sains PPS Unesa, Surabaya, 16 Januari.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Depertemen Pendidikan Nasional, Derektorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta.
Dharma. 2008. Pendekatan, Jenis dan Metodologi Penelitian Pendidikan. http://www.scibd.com/doc/20980578/penelitian.
Idhar, A., Haerullah, A., & Roini, C. (2019). Pengaruh Perpaduan Model Think Pair Share (TPS) dan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 10 Kota Ternate. EDUKASI, 17(1).
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Mei, G. 2007. Promoting Science Process Skill and The Relevance of Science through Science Alive. Proceedings of The Redesigning Pedagogy: Culture, Knowledge, and Understanding, Singapore, 28-30 Mei.
Muhfahroyin. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran Integrasi STAD dan TPS dan Kemampuan Akademik terhadap Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA di Kota Metro. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, M. 2011. Modul keterampilan keterampilan proses dan hakikat sains. Surabaya: PSMS Unesa.
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ousena dan Laurie. 2007. Sebagian besar orang meyakini, siswa berkemampuan AB selamanya memiliki oleh BA Prayitno - ‎2015 - ‎Dirujuk 5 kali - ‎Artikel terkait
PPPG IPA. 2000. Model-model Pembelajaran IPA. Bandung.
Prayitno, B.A., Hasanusulhi, & Irfan, M. 2008. Pengembangan Paket Teknologi Pembelajaran Biologi Berbasis Konstruktivis untuk Memperbaiki Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Proses Sains pada Siswa SMA/MA di Lombok Timur. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. DP2M Dikti Depdiknas.
Rising. 2009. English-language Danish period adventure film directed by Nicolas Winding Refn. co-written by Refn and Roy Jacobsen, and starring.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Tindangen. 2006. Menyimpulkan bahwa pembelajaran yang terjadi pada pembelajaran sains. (biologi) yaitu guru belum menerapkan belajar.oleh IW Karmana - ‎2014 - ‎Dirujuk 2 kali - ‎Artikel terkait.
Sadia. 2006. and represented relevant evidence of its organizational solidity. The impact caused by bird flu.
Sudiarta, I. G. P. (2006). Prospek Pengembangan dan Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Open-Ended Di Sekolah Dasar di Propinsi Bali. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(68), 886–907.
VMSC. 2010. Scientific inquiry and the nature of science task force report. Virginia, USA
Wazni, K., Prayitno, B.A, & Kasnawi, A.H. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Sains SMP/MTS Berbasis Penilaian Kelas. Laporan Akhir Hibah Pekerti. DP2M Dikti Depdiknas.
Zehra dan Nermin. 2009. The Effect of Guided Inquiry method on Preservice Teachers' Science Teaching Self-Efficacy Beliefs. Journal of Turkish Science.
DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i2.2122
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.