MENINGKATAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SD TUNAS BARITO SIDANGOLI MELALUI PENERAPAN MODEL EMBELAJARAN THINK PHAIR SHARE (TPS) PADA KONSEP PERUBAHAN SIFAT BENDA
Sari
Model pembelajaran Think Phair Share (TPS) adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sains siswa kelas V SD Tunas Barito Sidangoli melalui penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) pada konsep perubahan sifat benda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa  dalam menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa tersebut terdlihat: Aktivitas siswa dalam hubungan kerja kelompok meningkat sebesar 55,5%. Dari siklus I dan Siklus II, peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 42,5 % dan menjadi 97,75% pada siklus II. Hasil ketuntasan belajar siswa meningkat dari 82,75% pada siklus I menjadi 96,55% pada siklus II. Peningkatan aktivitas guru sebesar 87,49% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II.
Kata kunci: Think Phair Share ( TPS), Hasil Belajar, aktivitas siswa
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v13i1.28
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.