UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 10 KOTA TERNATE

Udin Kuka

Sari


Penelitian   untuk   meningkatkan   kompetensi   guru   dalam   menyusun   Rencana   Pelaksanaan

Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. Dalam pendidikan manajemen  pengelolaan  Tindakan  Sekolah  (PTS)  ini bertujuan  institusi  tidak  terpisahkan  dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Usaha meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan dengan memberikan bantuan profesional dalam bentuk, penyelenggaraan, konsultasi dan bimbingan, dan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kompetensi lainnya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan upaya meningkatkan kompetensi guru dalam  menyusun Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  melalui  Bimbingan  Berkelanjutan  di SMP Negeri 10 Kota Ternate.Secara alami pendekatan kualitatif untuk memperoleh informasi dan penafsiran mendalam mengenai kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Bimbingan Berkelanjutan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya  meningkatkan  kompetensi  guru  dalam    menyusun    Rencana   Pelaksanaan    Pembelajaran melalui   Bimbingan   Berkelanjutan di  SMP Negeri 10  Kota Ternate. (1) Pemberian  bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru dalam menyusun RPP dengan baik dan lengkap. Guru menunjukkan keaktifan dalam memahami dan menyusun RPP setelah mendapatkan bimbingan RPP dari peneliti dan (2) Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi lapangan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 78% dan pada siklus II 90%. Jadi, terjadi peningkatan 12% dari siklus I.

 

Kata Kunci: Peningkatan, Kompetensi Guru, Bimbingan Berkelanjutan


Teks Lengkap:

643-649


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.282

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Journal NameJurnal Edukasi
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailj.edukasi@unkhair.ac.id / edukasi2019@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/edu

 

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.