UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 10 KOTA TERNATE
Sari
Penelitian  untuk  meningkatkan  kompetensi  guru  dalam  menyusun  Rencana  Pelaksanaan
Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. Dalam pendidikan manajemen  pengelolaan  Tindakan  Sekolah  (PTS)  ini bertujuan institusi  tidak terpisahkan  dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Usaha meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan dengan memberikan bantuan profesional dalam bentuk, penyelenggaraan, konsultasi dan bimbingan, dan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kompetensi lainnya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan upaya meningkatkan kompetensi guru dalam  menyusun Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  melalui  Bimbingan  Berkelanjutan  di SMP Negeri 10 Kota Ternate.Secara alami pendekatan kualitatif untuk memperoleh informasi dan penafsiran mendalam mengenai kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Bimbingan Berkelanjutan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya  meningkatkan  kompetensi  guru dalam   menyusun   Rencana  Pelaksanaan   Pembelajaran melalui  Bimbingan  Berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. (1) Pemberian bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru dalam menyusun RPP dengan baik dan lengkap. Guru menunjukkan keaktifan dalam memahami dan menyusun RPP setelah mendapatkan bimbingan RPP dari peneliti dan (2) Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi lapangan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 78% dan pada siklus II 90%. Jadi, terjadi peningkatan 12% dari siklus I.
Â
Kata Kunci: Peningkatan, Kompetensi Guru, Bimbingan Berkelanjutan
Teks Lengkap:
643-649DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.282
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.