ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)
Sari
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah fisika dasar konsep listrik dinamik setelah diterapkanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray(TSTS). Dalam penelitian ini, Populasi dalam penelitian ini adal seluruh mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah 137 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I program studi pendidikan fisika kelas A yang berjumlah 36 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif karena penelitian ini menggambarkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah fisika dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif metode Two Stay Two Straydengan desain penelitiannya eksperimen.Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes.Soal-soal tes yang digunakan pada saat penelitian adalah soal-soal dalam bentuk Essay sebanyak 10 Soal dengan skor maksimum 100.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif.
Dari hasil analisis diperoleh terdapat kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal mata kuliah fisika dasar I dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi listrk dinamik. Mahasiswa mempunyai nilai di atas 83 sebanyak 6 mahasiswa atau 17% dengan kategori sangat baik, diantara 73 s/d 82 sebanyak 4 mahasiswa atau 11% dengan kategori baik, 63 s/d 72 sebanyak 14 mahasiswa atau 39 % dengan kategori cukup baik, 53 s/d 62 sebanyak12 mahasiswa atau 33% dengan kategori kurang baik dan dibawah 53 sebanyak 0%.
Â
Kata kunci: TSTS, Fisika Dasar I
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v13i1.29
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.