PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL TALKING STICK DIPADU DENGAN MEDIA KARTU CERITA PADA SISWA KELAS III SDN 12 KOTA TERNATE

Maya Rani Saputra, Suhardi Abdullah

Sari


Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses peningkatan kemampuan berbicara melalui model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita pada siswa kelas III SDN 12 Kota Ternate, (2) mengetahui hasil peningkatan kemampuan berbicara melalui model Talking Stick dipadu dengan  media kartu cerita pada siswa kelas III SDN 12 Kota Ternate. Proses penerapan  model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita dibagi dalam beberapa langkah kegiatan pembelajaran sebagai berikut : (1) Membagi siswa dalam 5 kelompok, (2) Membagi kartu cerita kepada setiap siswa, (3) Memberikan penjelasan  mengenai model pembelajaran Talking Stick  dipadu dengan media kartu cerita, (4) Siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya, kemudian masing-masing menulis tentang peristiwa seperti pada kartu cerita yang telah di bagikan, (5) Setelah itu siswa membuat sebuah lingkaran, (6) Guru memberikan tongkat kepada seorang siswa, sambil menyanyikan lagu siswa menggulir tongkat kepada temannya, (7) Siswa yang mendapatkan tongkat, harus berbicara di depan kelas sesuai materi yang diterima. Peningkatan kemampuan berbicara melalui  penerapan model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita yang menunjukan ketutasan siswa  sebesar 25% atau 6 siswa yang tuntas  dari 24 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah nilai rata-rata pada siklus I adalah 56,50%. Sedangkan pada siklus II pesentase siswa  meningkat menjadi 87,50% atau 21 siswa yang tuntas dari 24 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan jumlah nila rata-rata pada siklus II adalah 73,25%. Oleh karena itu, penerapan model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas III SDN 12 Kota Ternate yang dilihat dari hasil siklus I dan siklus II.

Kata Kunci


Berbicara; Talking Stick; Kartu Cerita

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bagus, Aji Santoso. 2015. Peningkatan Keterampilan berbicara menyampaikan tanggapan Melalui model talking stick Berbantuan media gambar Pada siswa kelas III SDN Tugurejo 03 Semarang. PGSD Universitas Negeri Semarang.

Huda, M. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

King, L. 2016. Seni Berbicara. Jakarta: PT Granmedia Pustaka Utama.

Mayawati, L. dkk. 2014. Penerapan Kartu Media Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiayah (MI) Nurun Najah Sumberkima. Vol. 2 No. 1.

Somadayo, S. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tukiyem. 2012. Peningkatan Kemampuan dalam Berbicara Siswa Kelas III SDN 3 Seneporejo Banyuwangi melalui Teknik Pemodelan. Vol 1 No 2, 183-193




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v19i1.3290

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.