PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI INDAHNYA PENINGGALAN SEJARAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 HALMAHERA SELATAN

Radina Hakim, Bahran Taib, Selvi Wulandari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD negeri 3 halmahera selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilakukan dan dilaksanakan terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Halmahera Selatan yang berjumlah 10 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini data yang diperoleh adalah kemampuan belajar siswa pada siklus I menunjukan  6 siswa atau 60% , sedangkan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa atau 20% dengan nilai rata-rata presentase pada siklus I adalah 68.00%. Kemudian dilanjutkan dengan siklus II dengan perolehan kemampuan belajar siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 8 siswa atau 80%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 20%. Dengan nilai rata-rata persentase 79.00% di Siklus II Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media gambar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11.00%.

Kata Kunci


Kemampuan belajar siswa; media gambar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala Sekolah Dan Pengawas.

Wibawa, Basuki., dkk. 1991. Media Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ekananda P.F, 2014. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Volume, 02. Halaman 5.

Elpis, 2017. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 010 Jaya Mukti. Jurnal Primary Universitas Riau.Volume 6. Halaman 611.

Fakih, S.B.1998. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Depdikbud.

Hidayati, 2004. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Hasil Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana, Sudjana dan Ahmad, Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nurul Zuriah dan Hari Sunaryo. 2008. Inovasi Model Pembelajaran Demokratis Berperspektif Gender. Malang: UMM Press.

Sagala, Saiful. 2008 Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV ALFABETA.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Widya Karya

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumkmadinata. 2009. Landasan Psikologi Poses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Zamroni. 2006. Paragdigma Pendidikan Masa depan. Jakarta: Bayu Indra Grafika.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v19i1.3291

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.