STUDENTS’ ERRORS IN WRITING REPORT TEXT AT THE ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDY PROGRAM OF KHAIRUN UNIVERSITY

Saiful Latif, Samsudin Hi Adam, Risma Umaternate

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan paling umum yang dilakukan siswa. Metodologi dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, teks tulis, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak kesalahan dalam penulisan teks laporan. Peneliti menemukan sebelas kesalahan umum yang dilakukan siswa saat menulis, yaitu omitting word, word choice, spelling, adding a word, punctuation, incomplete sentence, singular-plural, word order, capitalization, article, dan word form. Jenis kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa adalah omitting word dengan total sebelas kesalahan. word choice dan spelling dengan total delapan kesalahan. yang ketiga adalah adding a word dengan total lima kesalahan. Berikut ini adalah punctuation dan incomplete sentence dengan jumlah tiga kesalahan yang sama. kemudian yang kelima adalah singular- plural, word order, dan capitalization dengan total dua kesalahan. kesalahan terendah terakhir yang dilakukandengan jumlah satu kesalahan. Kemudian ada dua jenis sumber kesalahan yang dilakukan siswa saat menulis, yaitu intralingual transfer dengan jumlah kesalahan terbanyak 36 yang masuk dalam kategori ini. Sumber kedua adalah transfer antarbahasa dengan total sepuluh kesalahan.


Kata Kunci


kesalahan; menulis; teks laporan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i1.4473

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.