PERAN GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LIFE SKIL SISWA KELAS V SD INPRES MARITANGO KECAMATAN IBU TENGAH

Mohtar Kamisi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kulaitas belajar  dengan pendekatan life skill siswa di SD Inpres Maritango kecamatan Ibua Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan cara mengumpulkan data sendiri pada sejumlah unit dalam waktu (jangka waktu) yang bersamaan, yang berkenaan dengan bagaimana kondisi, proses karakteristik, hasil dari suatu variabel, dengan menggunakan seperangkat instrumen yaitu alat digunakan dalam pengumpulan data agar lebih muda dan sistimatis.

Peran guru PKn SD Inpres Maritanggo Kecamatan Ibu Tengah  bahwa di dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas membimbing dan memberi motivasi bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat suasana belajar di dalam kelas khususnya siswa kelas V SD Inpres Maritango Kecamatan Ibu Tengah. Penyampaian materi pelajaran merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses dinamis dalam segala fase dan perkembangan siswa. Secara terperinci peran guru berpusat pada :

a.Mendidik dengan titik berat memberikan arah dan motivasi pencapaian tujuan baik jangka pendek dan jangka panjang.

b.Memberikan fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai.

c.Membantu perkembangan aspek-aspek pribadi seperti sikap-sikap, nilai-nilai dan penyesuain diri.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peranan Guru PKn dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di SD Inpres Maritanggo Kecamatan Ibu Tengah guru harus memberikan motivasi dan menciptakan situasi yang menyenangkan. 

 

Kata Kunci: Peran Guru, dan Kualitas Belajar Siswa.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v13i2.49

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.