PENGELOLAAN KELAS, MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

Mardia Hi. Rahman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas, motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah strategi belajar mengajar fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik regresi ganda. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 44 mahasiswa. Variabel penelitian ini adalah pengelolaan kelas (X1), motivasi belajar (X2) dan hasil belajar mahasiswa (Y). Instrumen yang digunakan adalah soal tes untuk variabel hasil belajar mahasiswa, sedangkan untuk variabel pengelolaan kelas dan motivasi belajar menggunakan angket.

Hasil pengujian dengan statistik regresi ganda menunjukkan bahwa pengelolaan kelas mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Serta pengelolaan kelas, dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah strategi belajar mengajar fisika, maka dosen perlu mengelola kelasnya secara baik dan selalu membangkitkan motivasi belajar mahsiswa dengan menggunakan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan konsep yang dibelajarkan.

Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa


Teks Lengkap:

116-125


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i2.515

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Journal NameJurnal Edukasi
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailj.edukasi@unkhair.ac.id / edukasi2019@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/edu

 

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.