BAHASA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN DAN KOMUNIKASI ILMIAH

H.Udin Saubas

Sari


Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangannya potensi “peserta didik†agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mendiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Komunikasi ilmiah memang bukan tujukan kepada penjiwaan, tetapi kepada penalaran. Oleh sebab itu harus dihindarkan setiap bentuk pernyataan yang tidak jelas dan makna jamak. Proposisi ilmiah misalnya, harus merupakan pernyataan yang mengandung penilaian, apakah materi yang dikandung pernyataan itu benar atau salah, namun tidak bisa kedua-duanya sekaligus.

Komunikasi ilmiah harus bersifat jelas dan tepat yang memungkinkan proses penyampaian pesan bersifat reproduktif dan impersonal. Reproduksi artinya sipenerima pesan harus menerima pesan yang benar-benar sama dengan yang dimaksud oleh pembicara. Dalam komunikasi ilmiah tidak boleh terjadi penafsiran lain, selain isi yang dikandung pesan tersebut. Dalam komunikasi estetik sering timbul penafsiran yang berbeda terhadap objek komunikasi yang sama.

 

Kata Kunci: Bahasa Sarana Komunikasi Pendidikan, Komunikasi  Ilmiah.


Teks Lengkap:

126-134


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i2.518

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.