PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SMA NEGERI DI TERNATE

Mokhtar Yusup

Sari


Tujuan penelitian ini adalah(1) untuk menganalisis pelaksanaan supervisi akademik  kepala sekolah SMA Negeri di Ternate (2) untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah  SMA Negeri di Ternate dalam melaksanakan supervisi akademik dan (3) untuk menganalisis upaya-upaya kepala sekolah  mengatasi kendala-kendala dalam melaksanakan supervisi akademik  SMA Negeri di Ternate. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data: Kadis Pendidikan, Kabid Dikmen, Kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala-kepala  SMA Negeri Ternate dilakukan secara simultan  sesuai fungsi dan peranannya sebagai  supervisor. Kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor meliputi pengembangan dan penguatan kapasitas kompotensi guru  dalam lingkup pengembangan kurikulum, proses belajar mengajar, pemecahan kesulitan mengajar, mediasi guru dalam memecahkan masalah-masalah guru dan siswa di sekolah, (2) kendalapelaksanaan supervisi akademik oleh kepala-kepala  SMA Negeri Ternate adalah keterbatasan waktu bagi kepala sekolah dalam mengawal dan membina guru pada saat pelaksanaan pembelajaran di kelas, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. Di samping itu, sebagian guru  enggan untuk disupervisi mereka berpandangan bahwa supervisi masih dianggap sebagai upaya mengungkap kelemahan guru dalam menjalankan tugasnya dan (3) upaya mengatasi kendala pelaksanaan supervisi akademik  oleh kepala-kepala SMA Negeri Ternate  adalah melakukan penguatan akademik, seperti pelatihan peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

 

Kata Kunci : Pelaksanaan, supervisi akademik, kepala sekolah.


Teks Lengkap:

135-146


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i2.519

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.