PENERAPAN MOTODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS LEARNING TOGETHER MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE

Taher Hayat

Sari


Penelitian ini bertujua untuk menganalisis perbedaan hasil belajar PKn pada siswa kelas XI-IPS 1 dan XI-IPS 2 dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbasisLearning Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 57 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas kontrol dan 29 siswa kelas eksperimen SMA Negeri 10 Kota Ternate. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan hasil belajar siswa adalah nilai akhir semester ganjil T.A 2016/2017 dan tes objektif dengan tipe soal esai.Alat analisis yang digunakan adalah Uii Chi-Square untuk menentukan ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif berbasis Learning Together. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar antara siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbasis Learning Together dengan siswa dengan metode pembelajaran konvensional.

Kata Kunci:      Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Learning Together, SMA Negeri 10 Kota Ternate, Hasil Belajar.


Teks Lengkap:

215-229


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i2.530

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.