ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianto, D. dan Rubbini, B. (2016). Comparison of Students Scientific Literacy In Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Indonesian Journal of Science Education. 5(1), 31-37.
Astuti, Y. K. (2016). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Journal Universitas Wiralodra, 7, 67–72.
Dewi, P. S. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Global Warming. Edusains, 8(1), 18–26.
Fadilah, F., Isti, S., Amarta, T. W. D., & adi Prabowo, C. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Menggunakan NOSLit. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 27–34.
Firman, H. (2007). Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006. Jakarta : Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang
Depdiknas.Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a Measure of Scientific Literacy for Middle School Students. Science Education, 98(4), 549–580.
Irwan, A. P., Usman, U., & Amin, B. D. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3).
Juwita, E., Sunyono, Rosidin, U. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Lampung Barat Pada Materi Bioteknologi Berbasis Etnosains. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 10(2). 232-242.
Kembara, M. D., Hanny, R., Gantina, N., Kusumawati, I., Budimansyah, D., Sunarsi, D., & Khoiri, A. (2020). Scientific Literacy Profile of Student Teachers on Science For All Context. Solid State Technology, 63(6), 5844–5856.
Koto, I. (2020). Teaching and Learning Science Using YouTube Videos and Discovery Learning in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 7(1), 106–118
Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisiss Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1), 43-47.
Novili, W. I., Utari, S., Saepuzaman, D., & Karim, S. (2017). Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).
Nurwulandarai, N. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual. 2(2) 205-213.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.
Pujiasih, T., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 46–55.
Rahman, M. H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2), 98.
Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar IPA yang Digunakan di Semarang Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Proceeding Seminar Nasional Konservasi Dan Kualitas Pendidikan Unnes.
Suciati, Resty, Ita, Itang, Nanang, E., Melkha, Prima & Reni. (2011). Identifikasi kemampuan siswa dalam pembelajaran biologi ditinjau dari aspek-aspek literasi sains. Program Studi Magister Pendidikan Sains: FKIP UNS.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(12), 2683-2693.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. In Bandung: Humaniora (Vol. 1).
Tumurun, S.W., D. Gusrayani, & A. K. Jayadinata. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 1-10.
Utami, W. A., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(5).
Yuliyati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. 3(2). 21-28.
DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i2.5494
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.