ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Mardia Hi Rahman, Saiful Latif, Ade Haerullah

Sari


Pendidikan abad-21 menginginkan agar kemampuan literasi sains siswa diupayakan untuk ditingkatkan selain untuk memotivasi siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni. Kemampuan literasi sains siswa perlu dilatih, karena hingga saat ini sesuai hasil studi PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa secara nasional masih berada pada kategori rendah. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya kemampuan guru untuk melatihkan literasi sains, cara mengajar guru, kurikulum, sumber belajar, maupun dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Halmahera Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan literasi sains adalah soal-soal tes yang sesuai dengan materi atau konsep yang diajarkan dan disesuaikan dengan indikator literasi sains. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada setiap aspek literasi sains yang dijadikan indikator berbeda-beda persentasi peningkatannya yaitu pada aspek konten meningkat sebesar 22,22 %, aspek proses atau kompetensi meningkat sebesar 29,63%,  dan aspek konteks meningkat sebesar 25,93%. Pada aspek konteks kebanyakan siswa belum dapat mengaplikasikan konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari karena hasil yang diperoleh masih berada dibawah 65 %. Sementara hasil analisis menggunakan statistik uji N-Gain yang berfungsi untuk menguji peningkatan kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa secara rata-rata kemampuan literasi sains siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 81,48 %, kategori tinggi 11,11% dan kategori rendah 7,41 %. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA MAN 2 Halmahera Utara.

Kata Kunci


Pembelajaran Fisika; Model Discovery Learning; Kemampuan Litarasi Sains

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, D. dan Rubbini, B. (2016). Comparison of Students Scientific Literacy In Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Indonesian Journal of Science Education. 5(1), 31-37.

Astuti, Y. K. (2016). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Journal Universitas Wiralodra, 7, 67–72.

Dewi, P. S. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Global Warming. Edusains, 8(1), 18–26.

Fadilah, F., Isti, S., Amarta, T. W. D., & adi Prabowo, C. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Menggunakan NOSLit. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 27–34.

Firman, H. (2007). Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006. Jakarta : Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang

Depdiknas.Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a Measure of Scientific Literacy for Middle School Students. Science Education, 98(4), 549–580.

Irwan, A. P., Usman, U., & Amin, B. D. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3).

Juwita, E., Sunyono, Rosidin, U. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Lampung Barat Pada Materi Bioteknologi Berbasis Etnosains. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 10(2). 232-242.

Kembara, M. D., Hanny, R., Gantina, N., Kusumawati, I., Budimansyah, D., Sunarsi, D., & Khoiri, A. (2020). Scientific Literacy Profile of Student Teachers on Science For All Context. Solid State Technology, 63(6), 5844–5856.

Koto, I. (2020). Teaching and Learning Science Using YouTube Videos and Discovery Learning in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 7(1), 106–118

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisiss Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1), 43-47.

Novili, W. I., Utari, S., Saepuzaman, D., & Karim, S. (2017). Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).

Nurwulandarai, N. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual. 2(2) 205-213.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Pujiasih, T., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 46–55.

Rahman, M. H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2), 98.

Rusilowati, A. (2014). Analisis Buku Ajar IPA yang Digunakan di Semarang Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Proceeding Seminar Nasional Konservasi Dan Kualitas Pendidikan Unnes.

Suciati, Resty, Ita, Itang, Nanang, E., Melkha, Prima & Reni. (2011). Identifikasi kemampuan siswa dalam pembelajaran biologi ditinjau dari aspek-aspek literasi sains. Program Studi Magister Pendidikan Sains: FKIP UNS.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(12), 2683-2693.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. In Bandung: Humaniora (Vol. 1).

Tumurun, S.W., D. Gusrayani, & A. K. Jayadinata. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 1-10.

Utami, W. A., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(5).

Yuliyati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. 3(2). 21-28.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i2.5494

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.