Penyimpangan Sosial Pada Kalangan Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Halmahera Utara

Asikin Kaimudin, Nurhayanti Nurhayanti

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk penyimpangan sosial yang diilakukan oleh siswa di MAN 2 Halmahera Utara dan faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif pada bulan Juni-Agustus tahun 2022.  Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara, dan Catatan Anekdot. Subjek penelitian meliputi siswa kelas X IPA I yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa bentuk penyimpangan sosial yang pernah dilakukan oleh siswa ialah dalam bentuk tindakan yang bertentangan dengan aturan yang berlaku di sekolah dan di dalam keluarga, seperti  tawuran antar siswa, kurang disiplin dalam berpakaian, datang kesekolah tidak tepat waktu, terlambat masuk kelas, nyontek pada saat ujian berlangsung, dan merokok di lingkungan sekolah. Adapun faktor penyebab terjadinya perilaku penyimpangan sosial ini disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua (keluarga) dan guru, serta kurangnyaketerlibatansiswa dalam berdiskusi guna mengambil sebuah keputusan yang adil dengan melibatkan cara-cara yang demokratis, sehingga siswa merasa aman dan nyaman, serta merasa diperhatikan bahkan dihargai untuk menggapai cita-citanya.Adapun faktor lain adalah pergaulan dalam masyarakat maupun di lingkungan sekolah.

Kata Kunci


Penyimpangan sosial; MAN 2 Halmahera Utara; Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah Taufik, 2014. Pendidikan Ilmu Sosial: Anni Publishing. Al-Ulum.

Barker Chris, 2011.Cultural Studies, Teori dan Praktik: Kreasi Wacana. Yogyakarta

Dewi Wulansari, 2009. Sosiologi Konsep dan Teori:Refika Aditima. Surabaya

Elfiadi Novi, 2013. Perilaku Meyimpang Mahasiswa UNP Dalam Memanfaatkan. Padang Sumatra Barat

Ginsberg Morris, 2003. Keadilan Dalam Masyarakat: Pondok Edukasi. Jogjakarta

Huda, 2013.Pertumbuhan fisik dan Perkembangan Intelek Usia Remaja: LabSosio UI

Hurton B. Paul. Hunt L Chester, 1990. Sosiologi, Jilid 2 Edisi keenam: Erlangga. Jakarta

Kim Woong So, 2011.Kebijakan Hukum Pidana Dalam Upaya Penegakan Hukum Lingkungan Hidup: Universitas Diponegoro.

Nurwahida, 2017.Usia Anak Dan Remaja Dalam Perbuatan Perdata Dan Pidana Pada Perilaku Menyimpag Remaja: SMP Negeri 1 Piyungan Bantul. Perpuatakaan: FIS Universitas Negeri Padang.

Pratiwi Hadi Poerwanto, 2012. Kehidupan Sosial Manusia: FIS UNY.

Purwanto Ngalim, 2013. Psikologi Pendidikan: Rosdakarya-Bandung

Putro Zarkasih Khamim, 2017. Memahami Ciri dan Tugas perkembangan Remaja:FITK UINSK. Indonesia

Rohaningsi Sri Nunung. 2014. Dampak Pergeseran Fungsi Dan Peran Keluarga: kereasi wacana. Yogyakarta

Rustam Hasyim, “ Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Moral Siswa di SD Negeri Tabam Kecamatan Kota Ternate Utara, dalam Jurnal PEDAGOGIK, FKIP Unkhair 2016.

Sarwono W. Sarlito, 2015. Psikologi Remaja: Rajawali Pers. Bandung

Soekanto Soerjono, 2009. Sosiologi keluarga: Rineka Cipta. Depok

Suyanto Bagong, 2016. Masalah Sosial Anak:Prenada media Group. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i2.6064

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.