Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 MAN 2 Halut Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia

Hafni Muhammad, Sunarto Bakri

Sari


Model pembelajaran jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam bentuk kelompok kecil yang terdiri atas 4-5 orang secara heterogen. Materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa berupa teks dan setiap anggota bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari. Adapun tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus pembelajaran pada siswa kelas X IPS 1 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Halmahera Utara dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, dan soal pretest dan postest. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, guna menentukan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut dan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut.

Kata Kunci


Jigsaw; Hasil Belajar Siswa; Sejarah Indonesia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan pembelajaran di sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Daliman, A. 2010. Metode penilitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kemmis.S.dan Mc Taggart. 1990. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Prees.

Lie, Anita. 2010. Mempraktikkan Cooperatife Learning di Ruang Kelas. Grasindo: Jakarta.

Poerwodarminta. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Sartono, Kartodirjo. 1982. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia. Yogyakarta. Penerbit PT Gramedia.

Skinner, B.F.1996. Scence and Human Behaviour. New York: McMillan




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i2.6065

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor