Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 MAN 2 Halut Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
Hafni Muhammad, Sunarto Bakri
Sari
Model pembelajaran jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam bentuk kelompok kecil yang terdiri atas 4-5 orang secara heterogen. Materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa berupa teks dan setiap anggota bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari. Adapun tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus pembelajaran pada siswa kelas X IPS 1 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Halmahera Utara dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, dan soal pretest dan postest. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, guna menentukan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut dan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di MAN 2 Halut.