Analysis of the Ability of Field Dependent and Field Independent Learning Styles in Biology Problem Solving
Sari
One of the impacts of the Teacher Center Learning (CTL) learning model in the classroom is that students' thinking creativity is less developed and students ability to solve problems is low. This study aims to analyze the problem-solving ability of Animal Ecology Biology Education students based on field-dependent and field-independent cognitive styles. This research is a descriptive study using a qualitative approach. The subjects of this study were Biology Education students in the sixth semester (VI) who programmed animal ecology courses totaling 24 people. The research instrument was the Group Embedded Figure Test (GEFT) which amounted to 25 points. Problem-solving questions in the form of descriptions of 4 numbers and interview guidelines. Based on the results showed that the problem-solving ability of students with field-independent cognitive style is better than field dependent because students with field-independent cognitive style are able to separate themselves from their environment while students with field-dependent cognitive style are still influenced by the surrounding environment.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agoestanto, A., & Sukestiyarno, Y.L. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP berdasarkan gaya kognitif.Jurnal Fisika: Seri Konferensi, Penerbangan. 824, Tidak. 1, 1-6.
Andriyani, A. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear ditinjau dari gaya kognitif siswa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter,1(1), 16-22.
Arikunto, S. (2010).Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dahar, RW (2011).Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hasan, B. (2020). Proses kognitif siswa field independent dan field dependent dalam menyelesaikan masalah matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif),3(4), 323-332.
Istiqomah, N. & E.B. Rahaju. (2014). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan gaya kognitif pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 144-149.
Kasim, A. (2017). Pengaruh strategi think pasangan berbagi (tps) terhadap kemampuan pemecahan masalah ekologi dengan gaya kognitif berbeda. Jurnal Studi Teknologi Pendidikan Edcomtech, 2(2), 179-191.
Marfungah, A., Nugraheni, P., & Yuzianah, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran naskah kooperatif Danlingkaran dalam kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,4(2), 779-786.
Masni, E. D. (2018). Pendekatan pembelajaran metakognitif penyelenggara terlebih dahulu Danpenemuan ilmiah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kebiasaan berpikir matematis siswa kelas VIII. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika,1(1), 62-77.
Mendrofa, N. K. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan problem solving pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa,15(1), 147-156.
Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika pada mata kuliah program linier. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,10(2), 277-284.
Ranesa, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA,2(3), 214-224.
Rochmah, N. W. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam pemecahan masalah berpikir tingkat tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) berdasarkan langkah Polya. Disertasi doktoral. Pendidikan Matematika-FKIP.
Salameh, E.M. (2011). Kajian al balqa‟ menerapkan gaya kognitif mahasiswa.Studi Pendidikan Internasional, 4(3), 189-193.
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori polya ditinjau dari gaya kognitif tergantung medan Danmandiri lapangan pada pokok bahasan trigonometri kelas X SMA N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika,2(2), 100-110.
Sugiyono.(2012).Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Satu, H. (2016).Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Witkin, A.H. et al. (1977). Gaya kognitif field dependent dan independent serta implikasi pendidikannya.Kajian Penelitian Pendidikan, 47 (1), 1-64.
Wulan, ER (2019). Gaya kognitiftergantung medan Danlapangan-independen sebagai jendela profil pemecahan masalah polya dari siswa SMP. Faktor M, 1(2), 78-82.
Wulandari, R. (2017). Analisis gaya kognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika di SDN Banyuajuh I Kamal Madura. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 95-106
DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i3.6184
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.