Improving Pronunciation of English Vowel Sounds Through Listen and Repeat Technique at MAN 1 Palu

Masitha Masitha, Arvan Pradiansah Tangahu, Maria Yasinta L. Parera, Aminah Aminah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan teknik listen and repeat dapat memperbaiki pengucapan siswa dalam bunyi-bunyi vokal bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Palu yang berjumlah 104 orang. Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data diambil melalui tes yang diberikan kepada siswa sebanyak dua kali, yaitu pre-test dan post-test. Data yang telah didapatkan dianalisis secara statistik untuk mengetahui capaian signifikan siswa dalam pre-test dan post-test. Setelah menganalisis data, hasil dari pre-test adalah 41.2 dan post-test 85.61. Hasil dari t-hitung adalah 19.25.  Merujuk pada nilai t-tabel dengan mengaplikasikan degree freedom (df) 30 (31-1) dan tingkat kepercayaan 0.05, peneliti menemukan bahwa nilai dari t-tabel adalah 2.042. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa hipotesis diterima dihubungkan dengan analisis t-hitung lebih tinggi dari t-tabel. Ini berarti bahwa penggunaan teknik listen and repeat efektif untuk memperbaiki pengucapan siswa dalam bunyi-bunyi vokal bahasa Inggris, khususnya pada bunyi monophthongs.

Kata Kunci


Pronunciation; Listen and repeat; Vowels

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Rineka Cipta. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1016/j.minpro.2005.02.005

Baker, A. (2006). Ship or Sheep? An Intermediate Pronunciation Course, 3rd Edition. Cambridge: Cambridge University Press

Basri, H. and Hastini. (2011). Predicting the Pronunciation of Vowel Letters in English. Eight Conference on English Studies Center for Studies on Language and Culture-Atma Jaya Catholic University of Indonesia. Palu: Tadulako University

Best, J.M. (1981). Research and Education. New Jersey: Englewood Cliffs.

Buck, G. (2001). Assessing Listening. Cambridge: Cambridge University Press.

Buza, M G. (2008). New Perspective in Teaching Pronunciation. Roma: Edizioni University

Celce-M M, Brinton D. M, Goodwin J. M. (1996). Teaching Pronunciation. Cambridge: Cambridge University Press.

Gilakjani, A. P., & Ahmadi, M. R. (2011). Why Is Pronunciation So Difficult to Learn?. English Language Teaching, 4(3), 74–83.

Prator, C. H. (1951). Manual of American English pronunciation for adult foreign students. Univ of California Press.

Rivers, W. M. (2018). Teaching foreign language skills. University of Chicago Press.

Yates, L. (2002). Setting goals for teaching pronunciation. Adult Migrant English Program Research Centre.

Yates, L., & Zielinski, B. (2009). Give it a go: Teaching pronunciation to adults. Adult Migrant English Program (AMEP) Research Centre, Macquarie University.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i2.6513

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.