Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal Menggunakan Aplikasi Canva Design

Jailan Sahil, Ade Haerullah, Said Hasan, Ilham Majid

Sari


Upaya pengembangan e-modul biologi berbasis potensi dan kearifan lokal masih belum banyak digunakan dalam pembelajaran di sekolah-sekolah yang berada di Kota Ternate, salah satunya adalah mata pelajaran biologi. Dengan perkembangan dan kemajuan pendidikan dan tuntutan kurikulum saat ini maka guru dituntut mampu berinovasi dengan mendesain bahan ajar misalnya membuat bahan ajar menggunakan aplikasi canva design. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul mata pelajaran biologi yang mengintegrasikan potensi dan kearifan lokal Ternate dalam setiap sub topik yang diajarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan meggunakan model ADDIE. Pengembangan e-modul pembelajaran biologi kelas X SMA berbasis potensi dan kearifan lokal sebagai penunjang pembelajaran abad 21 ini menggunakan model pengembangan addie, data penelitian diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian yang kemudian dianalisis dengan menggunakan referensi yang sesuai untuk menghasilkan e-modul pembelajaran biologi yang dikembangkan. Hasil penilaian kelayakan e-modul pembelajaran biologi berdasarkan uji validasi ahli  secara keseluruhan dari kesepuluh aspek penilaian e-modul pembelajaran biologi berbasis potensi dan kearifan lokal  sebagai penunjang pembelajaran abad 21 di SMA yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid dengan rata-rata persentase secara keseluruhan yaitu 81%. Hasi uji respon pengguna  dari kalangan guru yang mengajar mata pelajaran biologi mendapatkan persentase 82% ini memberikan informasi bahwa e-modul pembelajaran biologi yang dikembangakan sudah layak untuk digunakan.

Kata Kunci


Pengembangan e-modul, Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Ternate, Canva Design

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, I. A. B., & Pujiastuti, P. (2022). Development of natural science supplement books based on local wisdom in integrative thematic learning in the elementary schools. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 82-95.

Aldoobie, N. 2015. ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6):68-72.

Amaliah, A., Adnan, A., & Azis, A. A. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 7(1), 67-74.

Amanda, T., Fajri, S. R., & Hajiriah, T. L. (2022). Evaluasi Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Materi Pengetahuan Lingkungan. Pedago Biologi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 10(1), 272-284.

Amelia, S., Wedi, A., & Husna, A. (2022). Pengembangan modul berbantuan teknologi augmented reality dengan puzzle pada materi bangun ruang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 62-71.

Arifianto, Y. A. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pak Melalui Literasi Digital. Apostolos: Journal Of Theology And Christian Education, 2(1), 31-40.

Agussani, A. (2019). The Use of Visual Basis Learning Strategy in Social Science: Facing the Industrial Revolution 4.0 Era. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen, 1(1).

Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., & Muhammad, G. Abdurrahman.(2015). Guru sains sebagai inovator: merancang pembelajaran sains inovatif berbasis riset. Yogyakarta: Media Akademi. Alghafri, ASR, & Ismail, HNB (2014). The effects of integrating creative and critical thinking on school students' thinking. International Journal of Social Science and Humanity, 4 (6): 518. Journal of Social Science, 1(1), 23-34.

Akinbadewa, B. O., & Sofowora, O. A. (2020). The effectiveness of multimedia instructional learning packages in enhancing secondary school students’ attitudes toward Biology. International Journal on Studies in Education (IJonSE), 2(2), 119-133.

Bu’tu, D., & Tasijawa, R. (2022). Problematika Kinerja Guru Pak Di Dunia Kerja Studi Kasus Pada Guru Pak Smp Negeri Se-Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1042-1054.

Broyer, R.M., Miller, K., Ramachandran, S., Fu, S., Howell, K., & Cutchin, S. 2021. Using virtual reality to demonstrate glove hygiene in introductory chemistry laboratories. Journal of Chemical Education, 98:224-229.

Christ, T.J. 2009. A brief review of nomenclature, components, and formatting to inform the development of direct behavior rating (DBR). Assessment for Effective Intervention, 34(4):242-250.

Daramola, F. O. (2022). Utilization of ICT resources for teaching among some selected lecturers in colleges of education in Kwara State. ASEAN Journal of Educational Research and Technology, 2(1), 1-10.

Deskoni, D., Firmansyah, F., & Amrina, D. E. (2022). Pelatihan Menyusun Desain Pembelajaran Inovatif Berbantu Filmora Bagi Guru Di Sma Negeri 1 Gelumbang. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 155-164.

Despi, W. Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Tentang Kearifan Masyarakat Lokal Dalam Pengelolaan Kawasan Lubuk Larangan Air Buluh Di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Untuk Sma Kelas X (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Dewi, K. (2019). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal Lampung Barat Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Ditingkat SMA/MA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Dukes, A.D. 2020. Teaching an instrumental analysis laboratory course without instruments during the Covid-19 pandemic. Journal of Chemical Education, 97(9):2967-2970.

Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran biologi berbasis steam di era society 5.0. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 182-190.

Febriana, N. Y. (2022). Pengembangan E-Modul Elastisitas Dan Hukum Hooke Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Android (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151.

Mardiana, D., & Anggraini, D. C. (2019). The effectiveness of utilising web-learning media towards islamic education learning (PAI) outcome in the era of industrial revolution 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(1), 80-96.

Menold, N. & Bogner, K. 2016. Design of rating scales in questionnaires. Germany: GESIS Survey Guidelines-Leibniz Institute for the Social Science.

Herawati, N.S. & Muhtadi, A. 2018. Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2):180-191.

Jofrishal & Seprianto. 2020. Implementasi modul kimia pangan melalui pendekatan etnokimia di Negeri Aceh Timur Program Keahlian Tata Boga. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 4(2):168-177.

Miftah, M. (2022). TIK Manajemen Pengelolaan Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Memudahkan Guru Mengajar: Manajemen Pembelajaran TIK. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 962-967.

Mukorrobin, R. (2022). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 24(2), 668-676.

Mujiburrahman, M. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal Di Aceh. Proceedings Icis 2021, 1(1).

Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 82-92.

Nata, P. R. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup (Identifikasi Dan Pemanfaatan Tanaman Tighau Mato Kerbau) Di Smpn 1 Ulu Musi (Doctoral Dissertation, Uin Fatmawati Sukarno).

Nataro, C. & Johnson, A.R. 2020. A community springs to action to enable virtual laboratory instruction. Journal of Chemical Education, 97(9):3033-3037.

Novitasari, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Memberdayakan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Prawijaya, S., Rozi, F., & Siregar, A. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Sipda Dengan Menggunakan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Fisika Prodi Pgsd Fip Unimed. Js (Jurnal Sekolah), 6(3), 57-63.

Roman, J., Roman, A., & Nachon, E. R. (2022). Resounding Implications of Information and Communication Technology (ICT) in Teaching During the New Normal Education. Southeast Asian Journal of Science and Technology, 7(1), 11-19.

Rahmadiani, A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Biologi Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Al-Qur’an Pada Pokok Bahasan Bioteknologi Di Smp It Qurrata A’yun Batusangkar.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106.

Sanjaya, W., Darmansyah, D., & Desyandri, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Pembelajaran Era Industri 4.0 Di Sekolah Dasar. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 12(2), 187-196.

Sanjayanti, N. P. A. H., Suastra, I. W., Suma, K., & Adnyana, P. B. (2022). Effectiveness of Science Learning Model Containing Balinese Local Wisdom in Improving Character and Science Literacy of Junior High School Students. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 5(4), 332-342.

Selaras, P. (2022). Konservasi Pohon Geronggang (Cratoxylum Arborencens (Vahl.) Blume) Oleh Masyarakat Lokal Kabupaten Bengkalis Dan Pengembangannya Sebagai Modul SMA Kelas X (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Sanova, A., Syahri, W., Yusnidar, Y., & Afrida, A. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Kimia Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru SMA di Sungai Penuh Jambi. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 561-567.

Serafin, J.M. & Chabra, J. 2020. Using a cooperative hands-on general chemistry laboratory framework for a virtual general chemistry laboratory. Journal of Chemical Education, 97(9):3007-3010.

Sari, R.P., Mauliza, Nazar, M., & Nahadi. 2021. The implementation of performance assessment through virtual laboratory to college students’ creative thinking skills. Journal of Research in Science Education, 7(1):5-10.

Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. 2019. Pengembangan modul elektronik (e-modul) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan flip pdf professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1):48-56.

Sugiyanto, B., & Erviana, Y. (2022). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Model Merdeka-Belajar Berorientasi Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Calon Guru PAUD.

Shamdas, G. B., Bialangi, M., & Buntu, A. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study pada Guru SMP di Palu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 86-93.

Tan, H.R., Chng, W.H., Chonardo, C., Ng, M.T., & Fung, F.M. 2020. How chemists achieve active learning online during the covid-19 pandemic: using the community of inquiry (coi) framework to support remote teaching. Journal of Chemical Education, 97(9):2512-2518.

Ulfa, Z., Rajibussalim, & Alvisyahrin, T. 2020. Pengembangan modul mitigasi bencana alam berbasis science, technology, engineering, and mathematic untuk pembelajaran peserta didik jenjang SMA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 4(2):205-218.

Uno, H. B. (2022). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara.

Varisa, N., & Fikri, A. A. (2022). Development of biology learning media based on video blogs (vlog) on environmental change topic. Research and Development in Education, 2(1), 33-39.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Windra Gusva, D. (2022). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Unutk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Smp (Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu Untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173-185.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i3.6747

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.