Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Halmahera Selatan Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Yumima Sinyo, Ilham Majid

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Halmahera Selatan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus dilakukan melalui empat tahap yakni (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 3 Halmahera Selatan  pada materi perubahan keseimbangan lingkungan. Hasil observasi  aktivitas  siswa pada siklus I yaitu  53% yang tergolong kurang sedangkan pada siklus II yaitu meningkat menjadi 100%. Sedangkan hasil observasi aktivitas  guru siklus I yaitu 64%, siklus II meningkat menjadi 100%. Sedangkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model  Problem Based Learning (PBL) pada siklus I sebanyak 13 orang yang belum tuntas atau sebanyak 65% yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 19 orang yang tuntas atau sebanyak 95%  siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dapat meningkatkan  hasil belajar.

Kata Kunci


Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar; SMA Negeri 3 Halmahera Selatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, Nabila Q. 2016. Profil Kreativitas Siswa Sekolah Alam. (Skripsi). PPB FIP, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Gusti, S. W., Suyanto, S., & Ratnawati, R. 2017. Analisis Hasil Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Aspek Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Pend. Biologi-S1.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kono, R., Mamu, H., & Tangge, L. 2016. Pengaruh Model Problem Martin dan Handoko.(2001). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nafiah,Y.N.,& Suyanto,W. 2014. Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritisdan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi,4.

Bloom Nurkancana, Wayan dan PPN Sunarta, Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya, Usaha Nasional, 1993.

Putra, A. G. P., & Bektiarso, S. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika di SMA.

Suhardjono; & Arikunto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Shoimin, Aris. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikkulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruuz Mediap

Sudarisman,S. 2015. Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea Jurnal Biologi dan Pembelajarannya,2(1).

Sugiharto, B. 2011. Konsepsi Guru IPA Biologi SMP Se-Surakarta tentang Hakikat Biologi sebagai Sains. In Prosiding Seminar Biologi (Vol.8,No.1).

Sukiman, 2014. Pedoman penulis skripsi Yogyakarta fakultas ilmu tarbiayah dan UIN sunan kalijaga yogyakarta dengan direktorat pendidikan tinggi islam kementerian agama RI.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfah, M., Fatmah, H., & Herlanti, Y. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dipadu Metode Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XIPA 4 SMA Negeri 1 Parung Tahun Ajaran 2014/2015 Pada Konsep Perubahan Lingkungan. Jurnal EDUSAINS, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i3.6839

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.