Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa MTs. Ma’arif NU Assa’adah I Bungah

Aisyah Ika Rahmawati, Ika Victoria Nalurita

Sari


Pemecahan masalah adalah suatu cara untuk mengatasi masalah guna mencapai tujuan yang hendak dicapai. Menurut Polya terdapat empat tahapan pemecahan masalah diantaranya yaitu, memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs. Ma'arif NU Assa'adah I Bungah pada tahun ajaran 2023/2024 dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus ditinjau dari minat belajar. Metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar, lembar validasi soal tes, soal tes, dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan minat belajar tinggi mampu menyelesaikan pemecahan masalah pada setiap tahapan pemecahan masalah menurut Polya dengan baik dan benar. Siswa dengan kategori minat belajar sedang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pemecahan masalah namun pada tahapan melaksanakan strategi mereka masih kurang sistematis dan maksimal. Siswa dengan minat belajar rendah tidak mampu menyelesaikan soal pada tahapan merencanakan strategi dan melaksanakan strategi. Mereka hanya mampu menyelesaikan soal pada tahapan memahami masalah dan pengecekan kembali. Kesimpulan dari penelitian ini, diharapkan guru dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kemampuan pemecahan masalah, sehingga siswa dapat memecahkan masalah dengan baik dan benar.

Kata Kunci


Kemampuan Pemecahan Masalah; Persamaan Garis Lurus; Minat Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A’yuni, R. F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar. AdMathEdu, 10(2), 123–134.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

Ambiyar, Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1171–1183. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1171–1183.

Andayani, F., Solihin, W. A. P., Lathifah, A. N., Putri, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smkpada Materi Trigonometri. Journal On Education, 1(3), 236–242. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/147

Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11–19.

Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2892

Badrulain. (2018). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusa, 2(4), 846–847. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/32/28

Bahri, S. P., Zaenuri, & Sukestiyarno, Y. (2018). Problem Solving Ability on Independent Learning and Problem Based Learning with Based Modules Ethnomatematics Nuance. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 218–224. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2591

Febriani, S., & Najibufahmi, M. (2022). Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 25–42. https://www.google.com/search?q=pemecahan+masalah+menurut+polya&rlz=1C1CHBD_idID1082ID1082&oq=menurut+polya&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUqCAgCEAAYFhgeMgYIABBFGDkyCAgBEAAYFhgeMggIAhAAGBYYHjIKCAMQABiABBiiBDIKCAQQABiABBiiBDIKCAUQABiABBiiBDIKCAYQABiABBiiBNIBCTEzMzk4ajBqN6gCALACAA&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Minat Belajar.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. https://peraturan.bpk.go.id/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016

Mahmudah, W. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, 4(1), 49–56. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=750845&val=11868&title=Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman

Mahmudah, W., Nisa’, R., Jamaluddin, M., Triyana, I. W., & Nalurita, I. V. (2022). Pendampingan Pembelajaran Matematika di UPT SDN 36 Gresik. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 6(1), 124–129. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3392

Malini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1914

Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research(JELMaR), 1(1), 65–73.

Novitasari, & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/461

Raudatul Husna, Sahat Saragih, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Smp Kelas Vii Langsa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. VARIABEL, 2(1), 16–23.

Zulfirman, R. (2022). Implemetasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v22i1.7814

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.