Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example pada Materi Perilaku Taat Hukum di Kelas X9 SMA N 14 Semarang

Lina Yuliatul Chasanah, Titik Haryati, Dwi Kusumoningsih

Sari


Pendidikan merupakan fondasi penting bagi kemajuan bangsa, dimana individu dapat mengembangkan potensinya dan berkontribusi dalam pembangunan. Era globalisasi membawa perubahan pada sistem Pendidikan termasuk model pembelajaran. salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah model example non example.  Dalam penelitian ini dideskripsikan tentang implementasi model pembelajaran example non example. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model pembelajaran example non example dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa di kelas X9 SMA Negeri 14 Semarang pada materi perilaku taat hukum. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan informasi dengan menggunakan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran example non example dapat membantu siswa memahami materi perilaku taat hukum. Hasil kemampuan memahami dibuktikan oleh nilai siswa, yang rata-rata 89 dari banyak siswa di kelas X9, termasuk 33 siswa, dan 88,5% siswa telah memahami materi dengan baik. Selain meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi perilaku taat hukum, implementasi model pembelajaran example non example mendorong peserta didik untuk bernalar kritis, efektif, dan bekerja sama juga meningkatkan hasrat untuk belajar. Akan tetapi, model pembelajaran example non example mempunyai beberapa kelemahan seperti, Tidak semua konten dapat disajikan menggunakan media visual dan membutuhkan waktu yang cukup lama.


Kata Kunci


Implementasi; model pembelajaran; Example Non Example

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, O. M. T., & Umawaitina, N. (2019). Upaya Guru PPKN dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila pada Peserta Didik kelas VII-11 di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal GeoCivic, 2(1).

Ahmad, Z., & Ahmad, H. (2021). Perception, Motivation, and Student Learning Outcomes after using the Bot Telegram Iinterface Application. EDUKASI, 19(2).

Anggraini, R., Disurya, R., & Imansyah, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PKn SD. Journal on Education, 6(2), 11578–11586.

Balulu, N., Ahmad, Z., & Salim, A. (2020). Development of BW-Export Teaching Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills of Senior High School. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 3506–3524.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.

Hapsari, T. R., Rambitan, V. M. M., & Tindangen, M. (2018). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Examples non Examples dan Permasalahan Siswa Terkait Hasil Belajar Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 204–209.

Harahap, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV MIN 5 Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Haryono, D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mangunsari 04 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.

Nariana, I. D. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 335–344.

Novitasari, I., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL), Model Konvensional Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 103–109.

Soraya, Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74–81.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Bandung: Alfabeta (p. 361). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sunarso, S. (2006). Membangun Masyarakat Demokratis yang bermoral lewat Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 3(1).

Susanti, F. A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Minat Belajar Melalui Model Examples non Examples pada Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Keblukan Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 1–12.

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.

Ulfa, F., Salimi, A., & Marli, S. (2020). Pengaruh Model Examples Non Examples Pada Pembelajaran PKn Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6).

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v22i1.7962

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot