MERAJUT KARAKTER TOLERANSI MELALUI GERAKAN PRAMUKA DI SMA NEGERI 7 HALMAHERA BARAT
Sari
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya membangun dan merajut karakter toleransi melalui pelaksanaan kegiatan pramuka di SMA Negeri 7 Halmahera Barat serta, (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter toleransi peserta didik melalaui kegiatan pramuka di SMA Negeri 7 Hamahera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, Pembina pramuka, ketua osis dan anggota pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian dalam artikel ini sebagai berikut; (1) Pelaksanaan kegiatan Pramuka di SMA Negeri 7 Halmahera Barat telah berjalan dengan efektif dan baik karena telah melakukan beberapa upaya untuk mengembangkan karakter toleransi peserta didik melalui kegiatan Kepramukaan yaitu kegiatan perkemahan penerimaan tamu Ambalan, perkemahan kenaikan tingkat, mengikuti Raimuna Nasional, dan Scot Competition. Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang didukung oleh program kerja dan dapat membentuk serta menumbuhkan karakter toleransi peserta didik seperti saling membantu sesama teman, saling menghargai perbedaan, gotong royong, atau kerja sama (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembentukan karakter toleransi peserta didik melalui pelaksanaa kegiatan Pramuka di SMA Negeri 7 Halmahera Barat, faktor pendukung internal (dari dalam diri) yaitu kesadaran, sikap, pengalaman, pengetahuan, dan faktor eksternal yaitu kompetensi yang dimiliki pembina, teman sebaya atau faktor pendukung lainya seperti dukungan dari pihak sekolah, pembina Pramuka, anggaran atau dana BOS, orang tua, atribut perkemahan, dan program kerja.
Selanjutnya masyarakat juga memberi dukungan dalam kegiatan yang telah diprogramkan oleh anggota Pramuka seperti bakti sosial, penghijauan dengan masyarakat setempat sehingga karakter toleransi dapat dibentuk dengan baik. Sedangkan faktor penghambat pembentukan karakter toleransi peserta didik faktor internal: kondisi fisik peserta didik dan kurangnya motivasi dari dalam diri, faktor eksternal: pengaruh teman sebaya dan orang tua juga merupakan salah satu faktor penghambat pembentukan karakter toleransi melalui pelaksanaan kegiatan Pramuka.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alini, N. 2022.Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan 6(1), 975.
Almeida. 2016. Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Revista Brasileira De Linguistica Aplicada. 5(1), 1689.
Dahalludin. 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulkuler Pada Siswa Smk Negeri 1 Pangkep. Jurnal Education And Development.10(1), 130.
Dewi, L. 2021. Penanaman Sikap Toleransi Antara Umat Beragama Di Sekolah. Juenal Pendidikan Tambusai. 5(3),8061.
Fadiyatunnisa,W.2023.Implementasi Kegiatan Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Anggota Gerakan Pramuka Disekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 2(1), 40.
Julianto, B. 2021. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi, Efektif, Kinerja Dan Evektifitas Organisasi. Jurnal Ilmu Menejmen Terapan. 2(5), 688.
Lassura, A. 2021. Kendala dalam Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di Masa Covid-19.Jamburu Journal df Community Empowerment. 2(1), 23-38.
Muhammad, F.2 019. Konseling Berbasis Wawasan Lintas Budaya dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Remaja.Jurnal Bimingan Konseling. 4(1), 31-39.
Ningrumwulan,R.2020.Faktor-Faktor Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakulkuler Pramuka.Jurnal Prakarsa Paedagogia. 3(1) 112.
Nasution, F. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.
Purwaningsih, N. 2016.Mengembangkan Sikap Toleransi dan Kebersamaan di Kalangan Siswa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 7(2), 1702.
Ramadani, N. 2022. Meningkatkan Nasionalisme dalam Karakter Pendidikan Kepramukaan. Jurnal Pendidikan. 6(1) 647.
Ridho, J. 2019. Evektifitas Ekstrakulkuler Pramuka dalam Menanamkan Karakter Jujur Disiplin dan Bertanggung Jawab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 9(2). 160-171.
Setyawan, T. 2023. Pendidikan Kepramukaan. Jawa Tengah. Eureka Media Aksara.
Surono, K,A. 2017. Penanaman Karakter dan Rasa Nasionalisme pada Kegiatan Ekstrakulkuler Pramuka di SMP 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesia Journal of Conservation. 06 (01) 27-28.
Syafira, M. 2020. Evektifitas Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Khusus Anak(LPKA) Jakarta.Jurnal Penelitian Sosial dan Politik, 9(1) 97.
Taufik, A.2018. Faktor yang Memepengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Penelitian Ipteks.3(1), hlm. 86-99.
Usman Akbari, R. 2020. Kendala dalam Pelaksanaan Ekstrakulkuler Pramuka untuk Membentuk Perilaku Disiplin Anggota Pramuka Smp Negeri 10 Padang. Journal of Education. 3(2)150.
Zainal,H.2019.Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga:Jalan Medan Merdeka Timur.Kwartir Nasionalgerakan Pramuka.
DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v8i1.10488
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
- P-ISSN:Â 2301-4334
- E-ISSN:Â 2722-3698
- Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
- Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728
============================================================================================================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
============================================================================================================