PERAN GURU PPKN DALAM MEMBENTUK LITERASI POLITIK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 HALMAHERA UTARA

Nur Aslamiyanti Safi, Wahyudin Noe, Jainudin Abdullah

Sari


Pendidikan politik adalah elemen krusial dalam membangun kesadaran dan partisipasi politik siswa dalam kehidupan sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berperan sangat strategis dalam memberikan pendidikan politik guna membentuk literasi politik (political literacy) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membentuk literasi politik siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Halmahera Utara, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Guru PPKn di MAN 1 Halmahera Utara berhasil membentuk literasi politik siswa melalui edukasi politik tentang pemilihan umum (Pemilu), hak dan kewajiban warga negara, nilai-nilai demokrasi, peran lembaga negara, serta integritas politik; dan (2) faktor pendukung guru dalam membentuk literasi politik siswa MAN 1 Halmahera Utara yaitu kurikulum dan kompetensi guru PPKn, lingkungan sekolah yang mendukung literasi politik, serta pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya karena keterbatasan sumber belajar serta rendahnya minat dan partisipasi siswa terhadap isu politik. Harapannya pembentukan literasi politik di sekolah terus ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi guru sehingga menarik belajar siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan politik.

Kata Kunci


Guru PPKn; Literasi Politik; Siswa; MAN 1 Halmahera Utara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, D. S., Yusuf, Y., & Sugiaryo, S. (2022). Peran guru PPKn dalam menumbuhkembangkan nilai karakter demokratis pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 29-36.

Anshori, A., Rudianto, R., & Izharsyah, J. R. (2023). Pemahaman Literasi Politik Pemilih Pemula dalam Upaya Pencegahan Informasi Hoax Pemilu 2024. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 177-184.

Hariyanti dan Permady, G. C. (2023). Pendidikan Pemilih Pemula Melalui Pembelajaran PPKn di Persekolahan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 160-168.

Hidayat, R. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter dan Literasi Politik Peserta Didik. Jurnal Civic Education, 7(2), 115–124.

Katarudin, H., & Putri, N. E. (2020). Pengaruh literasi politik terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada pemilukada kota pariaman tahun 2018. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(2), 70-79.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Universitas Indonesia Press.

Milner, H. (2002). Civic Literacy (How Informed Citizens Make Democracy Work. Universityy Press of New England. United States of America.

Mulyani, S. D. (2022). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi politik siswa. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 12(2), 104-113.

Nuryani, S. (2020). Peran Guru PPKn dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 45–53.

Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 427-442.

Rahmayanti, E. (2023). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Ppkn Sebagai Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(Special-1), 414-422.

Ramadani, W. O. D., Noe, W., & Rajaloa, N. (2022). Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Jambura Journal Civic Education, 2(1), 90-101.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v8i2.10923

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal GeoCivic is Indexed By:
        Web AnalyticsJurnal GeoCivic
  • P-ISSN: 2301-4334
  • E-ISSN: 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
  • Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office E-mail: alexbowo94@gmail.com
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728

============================================================================================================

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

============================================================================================================

Flag Counter