PERILAKU PENYIMPANGAN SOSIAL PADA KALANGAN REMAJA KELURAHAN AKEHUDA KOTA TERNATE UTARA

Syahril Muhammad, Mhd. Asikin Kaimudin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku menyimpang sosial pada kalang remaja di Kelurahan Akehuda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian meliputi pimpinan kelurahan (Lurah), Tokoh Masyarakat, Ketua Pemuda, Guru, RT, Ibu/bapak pemilik rumah sewa (indekos). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian direduksi, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku penyimpangan sosial ialah bentuk tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai adat dan norma yang berlaku di masyarakat, seperti miras, tawuran, judi, dan narkoba. Adapun faktor penyebab terjadinya perilaku penyimpangan sosial yang di lakukan oleh para remaja di kelurahan Akehuda yaitu Faktor keluarga, pergaulan,  lingkungan, dan pendidikan. Perilaku menyimpang ini telah membawa dampak negatif pada keluarga dan diri sendiri, seperti orang tua di mata masyarakat sangat buruk dan terhina. Dampak dalam diri sendiri pun sangat besar seperti gangguan psikologi dan bahkan ada yang mengalami cacat fisik.


Kata Kunci


Perilaku menyimpang remaja; adat istiadat; norma; agama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah Taufik, 2014. Pendidikan Ilmu Sosial: Anni Publishing. Al-Ulum.

Azizah, 2013. Kebahagiaan dan Permasalahan Di Usia Remaja: Madrasah

Barker Chris, 2011. Cultural Studies, Teori dan Praktik: Kreasi Wacana

Dewi Wulansari, 2009. Sosiologi Konsep dan Teori:Refika Aditima

Elfiadi Novi, 2013. Perilaku Meyimpang Mahasiswa UNP Dalam Memanfaatkan

Ginsberg Morris, 2003. Keadilan Dalam Masyarakat: Pondok Edukasi

Herdiyanto Sigit dan Romahdona Syahri Elfi, 2017. Remaja dan Perilaku

Huda, 2013. Pertumbuhan fisik dan Perkembangan Intelek Usia Remaja:

Hurton B. Paul. Hunt L Chester, 1990. Sosiologi, Jilid 2 Edisi keenam: Erlangga

Kim Woong So, 2011. Kebijakan Hukum Pidana Dalam Upaya Penegakan Hukum Lingkungan Hidup: Universitas Diponegoro.

Nani I. Rajaloa dan Rustam Hasim, “Manajemen Perencanaan Dan Rekrutmen Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternateâ€, Dalam Jurnal Edukasi FKIP Unkair. Vol. 16 No.1 Januari 2018.

Nurwahida, 2017. Usia Anak Dan Remaja Dalam Perbuatan Perdata Dan Pidana Pada Perilaku Menyimpag Remaja: SMP Negeri 1 Piyungan Bantul. Perpuatakaan: FIS Universitas Negeri Padang.

Pratiwi Hadi Poerwanto, 2012. Kehidupan Sosial Manusia: FIS UNY.

Purwanto Ngalim, 2013. Psikologi Pendidikan: Rosdakarya-Bandung

Putro Zarkasih Khamim, 2017. Memahami Ciri dan Tugas perkembangan Remaja:FITK UINSK. Indonesia

Rohaningsi Sri Nunung. 2014. Dampak Pergeseran Fungsi Dan Peran Keluarga

Rustam Hasyim, “ Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Moral Siswa di SD Negeri Tabam Kecamatan Kota Ternate Utara, dalam Jurnal PEDAGOGIK, FKIP Unkhair 2016.

Sarwono W. Sarlito, 2015. Psikologi Remaja: Rajawali Pers

Soekanto Soerjono, 2009. Sosiologi keluarga: Rineka Cipta

Suyanto Bagong, 2016. Masalah Sosial Anak:Prenada media Group




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal GeoCivic is Indexed By:
        Web AnalyticsJurnal GeoCivic
  • P-ISSN: 2301-4334
  • E-ISSN: 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
  • Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office E-mail: alexbowo94@gmail.com
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728

============================================================================================================

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

============================================================================================================

Flag Counter