PENINGKATAN KUALITAS GURU SDN 49 TERNATE DALAM PENGEMBANGAN INDIKATOR PENCAPAIAN KEBERHASILAN PADA SILABUS MELALUI POS PELATIHAN SEDERHANA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Sari
Pada saat peneliti mengadakan supervisi akademik, ada beberapa hal yang peneliti temui, diantaranya guru belum mampu mengembangkan Indikator Pencapaian Keberhasilan pada silabus, jika indikator pencapaian keberhasilannya belum mampu dibuat oleh guru, maka akan berdampak pada proses pembelajaran di kelas. Untuk meningkatkan pemahaman guru tentang pembuatan indikator pencapaian keberhasilan dengan benar, maka melalui pos pelatihan sederhana dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) menjadi salah satu alternatif dan bisa menjadi solusi untuk perbaikan-perbaikannya. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan yang dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil pada sikulus I rata-rata pemahaman guru tentang KKO dan penggunaannya dalam pengembangan indikator masih kurang (36%). Demikian juga rata-rata kemampuan guru kelas dalam pengembangan indikator masih kurang (38,50%). Penelitian dilanjutkan ke siklus II, hasilnya terlihat ada rata-rata peningkatan pemahaman mereka (guru) tentang KKO dan penggunaanya dalam pengembangan indikator tersebut, dari 36% menjadi 81%, dan pengembangan indikator dalam penyusunan silabus meningkat, yakni dari rata-rata 38,50% (Siklus I) menjadi 76%. Dan rata rata prosentase aktivitas guru dalam kegiatan pengembangan indikator juga meningkat dari 81,60% (siklus I) menjadi 94% (siklus II). Para guru menyambut baik program kegiatan pengembangan indikator ini dan menyatakan kepuasan dengan kegiatan di forum ini.
Kata Kunci: Peningkatan kualitas Guru, indikator pencapaian keberhasilah, Kelompok Kerja Guru (KKG)Teks Lengkap:
PDFReferensi
BSNP 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jakarta.
Dirjen PMPTK, 2007, Karya Tulis Ilmiah Laporan Hasil Penelitian, Pedoman Penyusunan KTI pada Kegiatan Pengembangan Profesi Kepala Sekolah Sekolah.
Depdiknas (2007), Pedoman Supervisi Pengajaran, Jakarta
http://en.wikipedia.org/wiki/Bloom%27s_Taxonomy,diunduh pada tanggal 21 April 2016
Hamalik, Oesman, 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta: Bumi Aksara.
Permendiknas RI nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Diunduh pada tanggal 9 April 2016
Pendidik dan tenaga kependidikan.[ Online ] 15 April 2016 http://www.dinaspendidikan-parepare
Sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20.2013. Sisdiknas pdf.Diunduh pada tanggal 12 April 2016
Sub Direktorat Dikmen Dirjen PMPTK, 2007, Metode dan Teknik Supervisi Bagi Kepala Sekolah Satuan Pendidikan, Kumpulan Materi Bintek Kepala Sekolah Sekolah.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen
www.academia.educasi/Panduan Pengelolaan Kualitas KKG. bahan ajar Mandiri Pengelolaan kualitas KKG paket Pembelajaran bermutu. Diunduh pada tanggal 15 April 2018
www.goedreads.com. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa. Diunduh pada tanggal 17 April 2018
www.slindeshare.net/permendikbud-nomor-65-tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan. Diunduh pada tanggal 10 April 2018
DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1478
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
- P-ISSN: 2301-4334
- E-ISSN: 2722-3698
- Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
- Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728
============================================================================================================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
============================================================================================================