PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

Jainudin Abdullah, Irwan Djumat, La Fandi

Sari


Abstrak. Latar belakang dalam penelitian ini adalah menggali nilai-nilai kearifan lokal yang diajarkan dalam pembelajran muatan  lokal  di SMP Negeri 2 Kota Ternate.Tujuan penelitian:(1).mengetahui bentuk-bentuk kearifan lokal di SMP Negeri 2 Kota Ternate.(2).mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran kearifan lokal di SMP Negeri 2 Kota Ternate (3). mengetahuiupaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala  pembelajaran kearifan lokal di SMPNegeri 2 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara dan analisis dokumen.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Sedangkan subjek penelitian adalah guru kesenian, guru prakarya, kepsek, wakasek kurikulum,dan peserta didik di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Selanjutnya peneliti dapat mendeskripsikanhasil penelitian ini sebagai berikut:(1). bentuk–bentuk penerapan pembelajaran kearifan lokal di SMPNegeri 2 Kota Ternate biasa dilakukan dalam bentuk kata-kata bijak seperti nasehat,pepatah, dan folklore yang dilakukan pada awal pembelajaran di samping itu juga di lakukan salam penguatan pendidikan karakter (PPKn) salah satu harus ada lagu-lagu nasional dan lagu-lagu daerah sehingga nilai-nilai yang diterapkan dalam  pembelajaran kearifan lokal yaitu nilai religius, nilai nasionalis, integritas, mandiri dan  gotong royong. Kemudian ciri pembelajaran kearifan lokal itu ada secara lisan atau praktek secara langsung tentang kearifan lokal.(2) Faktor- faktor yang mendukung dan menghambat penerapan  pembelajaran kearifan lokal di SMPNegeri 2 Kota Ternate  adalah sikap antusias Guru dan peserta didik maupun dukungn dari Kepala sekolah. Sedangkan faktor yang menghambat pembelajaran kearifan lokal di SMP 2 kota Ternate adalah kurangnya fasilitas yakni belum adanya gedung teater. (3). Upaya yang dilakukan oleh Guru dalam mengatasi kendala-kendala pada pembelajaran kearaifan lokal di SMPNegeri 2 Kota Ternate adalah Guru harus menyediakan fasilitas ruang belajar yang dan alat-alat peraga dalam  pembelajaran kearifan lokal supaya peserta didik mudah memahami dan mengerti  proses pelaksananaan pembelajaran maupun pada saat praktek tentang kearifan lokal  yang ada di sekolah.

Kata Kunci : Pembelajaran, Kearifan Lokal


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v3i2.2671

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal GeoCivic is Indexed By:
        Web AnalyticsJurnal GeoCivic
  • P-ISSN: 2301-4334
  • E-ISSN: 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
  • Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office E-mail: alexbowo94@gmail.com
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728

============================================================================================================

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

============================================================================================================

Flag Counter