Implementasi Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Di Desa Samo Kecamatan Gane Barat Utara Kabupaten Halmahera Selatan

Akbar Ongo, Nani I Rajaloa, Rusdi Hasan, Jusan Yusuf

Sari


Pemerintah Desa menjadi sentrum governance di desa, yang mempunyai relasi dengan BPD, elemen-elemen masyarakat sipil dan masyarakat ekonomi. Kepala desa  adalah  personifikasi  pemerintah  desa.  Pemerintah  desa  secara  empirik menjadi medan tempur antara Negara dan masyarakat kaerna dipamdang dari sudut Negara, pemerintah desa merupakan bagian mata rantai birokarasi Negara, yang  menjalankan  fungsi  regulasi  dan  control  pada  wilayah  dan  masyarakat melalui “ pelayanan administratifâ€, implementasi proyek-proyek pembangunan, mobilisasi masyarakat untuk mendukung kebijakan pemrintah, melakukan pelayanan pada masyarakat demi kepentingan Negara, menarik pungutan dan lain- lain.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimanakah Fungsi Badan Permusyawaratan Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Samo, dengan tujuan (1).  Mengetahui gambaran yang jelas mengenai Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam  Penyelenggaraan  Pemerintahan  Desa,  Desa  Samo  Kecamatan Gane Barat Utara. (2). Mengetahui  hambatan  yang  ditemui  dalam  Pelaksanaan  Fungsi  Badan Permusyawaratan Desa sebagai Fungsi Legislasi, Fungsi Pengawasan dan Fungsi Penyalur dan Penampung Aspirasi Masyarakat Di Desa Samo Kecamatan Gane Barat Utara.

Secara teoritik, penelitian ini memberikan kontribusi pemikiran bagi pengembangan  ilmu  pemerintahan  secara  praktis  bagi  BPD.  Di  samping  itu melalui kajian ini diharapkan agar dapat memberikan sumbangan pemikiran menyangkut dengan pentingnya pelaksanaan peraturan desa serta penyelengaraan pembangunan desa.

 

Kata Kunci;  Implementasi, Kinerja, Badan Permusyawaratan Desa, Desa Samo


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v4i1.3104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.