PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SMILEY FACE PADA SISWA KELAS XI-IPA-1B SMA NEGERI 10 KOTA TIDORE KEPULAUAN PROVINSI MALUKU UTARA

Buang Jama

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-IPA-1B SMA NEGERI 10 Tidore Kepulauan dengan latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa yang disebabkan oleh metode mengajar guru, yaitu metode ceramah. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang memperhatikan materi yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika  dengan menggunakan media smiley face, serta untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan media smiley face.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & Mc Taggart melalui dua siklus. Untuk memperoleh data hasil penelitian, dibuat instrumen pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Instrumen pembelajaran berupa RPP sedangkan instrumen pengumpulan data berupa penilaian rpp, tes siklus, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis dengan cara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran setiap siklus sesuai dengan aspek media smiley face dan materi, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, serta terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada materi bilangan bulat selama penelitian berlangsung. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 86,67 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai siswa 92,17. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada materi bilangan bulat tersebut dibuktikan dengan indeks gain nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 0,39 dengan interpretasi sedang.

 

Kata kunci: Media Smiley Face, Kemampuan Pemahaman Matematika


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v4i1.3287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.