PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN 2 TENTANG “NILAI – NILAI PANCASILA†DI KELAS VI SD NEGERI 1 JAILOLO

Mumarak Muhammad Nur, Mokhtar Yusuf, Hasmawati Hasmawati

Sari


Latar belakang dari penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran seorang guru yang dapat melakukan suatu koonsep belajar mengajar untuk menjadi titik tolak ataupun sudut pandangterhadap proses pembelajaran yang akan dilakukannya, meskipun banyaknya pendekatan pembelajaran, tetapi ketertarikan peneliti memutuskan untuk memilih model pembelajaran Tematik Terpadu, sebab penelitian ini yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centerd approach). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Tenatik Terpadu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema I subtema I pembelajaran 2 tentang Nilai-Nilai Pancasila mata pelajaran PPKn suatu penelitian tindakan kelas di kelas VI SD Negeri 1 Jailolo. Dengan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 24 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal tes setelah pembelajaran dan lembar observasi untuk guru dan peserta didik. Pada siklus I dan siklus II terdapat 10 item. Berdasarkan data yang diperoleh skor rata-rata peserta didik pada siklus I yang tuntas 37,5% dan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 87,50%, jadi besar peningkatan hasil belajar yang terjadi pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 50%, maka penelitian ini dicukupkan karena sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah diterapkan oleh pihak sekolah SD Negeri 1 Jailolo.

Kata  kunci : Penerapan Model Pembekajaran Tematik Terpadu, Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Furchan. 2004. Pengantar Penilitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

A. Furchan. 2006.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter KonstruksiDan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta:

Blanchard, A. 2001.Contextual Teaching And Learning. (online). Tersedia: http://www.horizonselpr.org/contextual/contextual.htm-8k (07 Juni 2021).

Clinffor, M. & Wilson, M.2000.Contextual Teaching, Professional Learning And Student Experiences: Lesson Learnet From Implementation. Journal Edacuational Brief.

Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta : Depdiknas

Djemari Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendikia Prss.

Djemari Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendikia Prss.

E.Mulyasa.2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Glynn, Shawn M danWinter, Linda K.2004. “ Contextual. And Learning Of Science In Elementary Schoolsâ€: Journal Of Elementary Science Education.

Howey, Kenneth R.2001. Contextual Teaching And Learning Teaching for Understanding Through Integration of Academic and Technical Education:.Dalam Forum Vol. 16, No.2. (Online Available :http//www.ciera.org/library/archive/2001-04/0104parwin.htm.

Johnson. B. Elaine. 2002. Contextual Teaching and Learning, Corwin Press. Inc. California.

Johnson. B. Elaine. 2008. Contextual and Teaching and Learning :Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna : Penerjemah Ibnu Setiawan, Penyunting Ida Sitompul, Bandung : Mizan Learning Centre/MLC, cet 6.

Kunandar.2008. Langka Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Rajawali Pers

Kemendikbud RI.2006. Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidkan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Malang: Universitas Negeri Malang.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sutrisno. Slamet. 2006. Pancasila Sebagai Ideologi Sebuah Bidang Ilmu Atau Terbuka. Yogyakarta: ANDI

Trianto, 2008. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dikelas. Surabaya: Cerdas Pustaka.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.1945. Pasal 26 Ayat 1 dan 2 Tentang Warga Negara. Jakarta.

Wina Sanjaya, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v5i1.4737

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal GeoCivic is Indexed By:
        Web AnalyticsJurnal GeoCivic
  • P-ISSN: 2301-4334
  • E-ISSN: 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
  • Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office E-mail: alexbowo94@gmail.com
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728

============================================================================================================

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

============================================================================================================

Flag Counter