DAMPAK PEMBUANGAN SAMPAH DI PESISIR PANTAI TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR (STUDI KASUS MASYARAKAT PAYAHE KECAMATAN OBA KOTA TIDORE KEPULAUAN)

Arlin Djongihi, Syarifuddin Adjam, Ramdani Salam

Sari


Sampah merupakan sesuatu yang dihasilkan dari kegiatan manusia kemudian sudah tidak digunakan lalu dibuang. Sampah pesisir telah menjadi permasalahan global dan menjadi isu yang tengah banyak dibahas. Hal ini dikarenakan sampah pesisir memberikan dampak terhadap lingkungan, ekonomi, dan kesehatan manusia.Untuk dapat mengatasi permasalahan sampah perluh tiga aspek yaitu pemerintah, masyarakat, dan tata cara pengelolaan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembuangan sampah di pesisir pantai terhadap lingkungan sekitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengacu pada data yang berwujudkan kata-kata yang memiliki sifat jelas dan pasti.

Populasi     dalam    penelitian     ini     adalah    masyarakat     Kelurahan     Payahe, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan. Jumlah masyarakat yang diambil sampel dalam penelitian adalah 14 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis kualitatif yang memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui kuesioner yaitu setiap harinya masyarakat Kelurahan Payahe membuang sampah sembarangan baik di sungai, lapangan terbuka maupun di pesisir pantai karena tidak tersedianya sarana dan prasarana persampahan yang disediakan pemerintah. yang memberikan dampak pencemaran lingkungan seperti sampah yang berhamburan disepanjang pesisir pantai, bukan hanya pencemaran lingkungan tapi berdampak pada kesehatan

masyarakat berupa munculnya penyakit seperti diare.

Kata kunci : Dampak, Sampah, pesisir pantai, Lingkungan, masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v5i1.4847

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.