DAMPAK SOSIAL PERUSAHAN HARITA GROUP TERHADAP MINAT PENDIDIKAN GENERASI MUDA STUDI KASUS DI DESA SOLIGI KECAMATAN OBI SELATAN HALMAHERA SELATAN
Sari
This study aims to: analyze the Social Impact of Harita Group Company on the Educational Interest of the Young Generation in Soligi Village, to find out and map the Supporting and Inhibiting Factors of Harita Group Company on the Educational Interest of the Young Generation Case Study in Soligi Village. The research method used is qualitative research with a case study approach and sampling purpose. The results of the study show that: The Social Impact of Harita Group Company on the Education of the Young Generation in Soligi Village, South Obi District, South Halmahera, has a very bad impact on the future of the young generation in Soligi Village.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Hadis dan Nurhayati, 2010, Psikologi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Abdullah, I., & Gani, M. I. A. 2022. Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Terhadap Pendidikan Perguruan Tinggi . Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i2.1486
Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Asrori, Muhammad. 2012. Psikologi Pembelajaran, Cet.I; Bandung: Wacana Prima.
Azwari, Fachrudin & Rajab, Arini. 2021. Dampak Pertambangan Batubara terhadap Sosial dan Ekonomi Masyarakat di RT. 17, Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara. 22(1), 116-121, https://doi.org/10.51967/tanesa.v22i1.478
Djamarah, S. (2011) Psikologi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.
Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. 2013. Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39–61. https://doi.org/10.21009/JPEB.001.1.3
Hamijoyo & Faisal. 1981. Pengertian Pendidikan Formal, Nonformal dan Informa.
Indriyanti, dkk. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Akutansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jupe UNS, 1 (2), 1-9.
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan, Ciputat: Gaung Persada Press.
Kemendikbud, D. P. S. D. 2016. Pengembangan Bakat dan Minat Siswa. kementrian Pendidikan dan kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat pembinaan sekolah Kejuruan.
Kartini, Kartono. 1996. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. 2017. Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2) 178–188. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis
Muslich, Mansur 2011 Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nashar (2014), Peranan Motivasi dan Kemampua awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Poerbakawatja, Soeganda & Harahap. 2012. Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.Merdeka Belajar, (November), 289–302.
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauzidin, M. 2020. Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2 (1), 197-206. https://doi.org/10.31004/jote.v2il.1164.
Sardiman, AM. 2015., Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar, Cet. IV; Jakarta: CV. Rajawali.
Sobur, Alex (2013), Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah, Cet. 1; Bandung: CV Pustaka Setia.
Sumanto (2014), Psikologi Umum, Cet. 1; Jakarta: PT. Buku Seru.
Suryabrata, Sumadi (2012), Psikologi Pendidikan, Jakarta: CV. Rajawali.
Suryani, N., Armansyah, A., & Yetti, H. 2024. Dampak pertambangan batu bara Dampak Pertambangan Batu Bara terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal di Kota Jambi: Dampak Pertambangan Batu Bara Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal Di Kota Jambi. UNES Law Review, 7(1), 345-353. DOI https://doi.org/10.31933/unesrev.v7i1
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soedomo, M. (1989). Andragogi Teoretik atau Terapan jurnal Forum Penelitian Kependidikan, Vol 1, No. 1.
Syardiansah, (2016) Hubungan Motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata kuliah pengatauran menajemen. Manejemen dan Keuangan, 5(1).243.
Setiaji, J., & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Economic. 10(1), 45-59. DOI: https://dx.doi.org/10.17977/UM014v10i12017p052 Tirtatahardja, Umar (2005) Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Tanutama, Lukas. 1995. Pentingnya Pendidikan bagi Generasi Muda. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Zahro, F., Hastari, S., & Oktafiah, Y. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Belajar. Jurnal EMA, 6(2), 1–7. DOI:10.47335/ema.v6i2.89.
DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v8i1.9896
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
- P-ISSN:Â 2301-4334
- E-ISSN:Â 2722-3698
- Published by: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Maluku Utara, Indonesia
- Contact Person: Irham Wibowo, S.H., M.H. Mobile [WA]: +62 899-4141-485
Office Editor: Jalan Bandara Babullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate 97728
============================================================================================================
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
============================================================================================================