Pengaruh Collaborative Teamwork Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Syahid Pebrian, Supratman Supratman, Ratna Rustina

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meneliti pengaruh Collaborative Teamwork Learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode true experimental design dengan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMK YPC Tasikmalaya. Dengan sampel penelitian kelas X PPLG (eksperimen) dan X TO 3 (kontrol). Tes uraian dan angket digunakan sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t Independent Samples Test. Temuan dari analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning terhadap kemampuan penalaran matematis, (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning terhadap motivasi belajar peserta didik

Kata Kunci


Collaborative Teamwork Learning; Kemampuan Penalaran Matematis; Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyani, A., Shalsabilia, & Novita, J. (2023). Analysis of Students’ Motivation to Learn Mathematics in Class XII. Journal of Research on Mathematics Instruction (JRMI), 4(2), 49–57. https://doi.org/10.33578/jrmi.v4i2.91

Fauzi, N. F., & Wisanti. (2025). EFEKTIVITAS LKPD EKOSISTEM COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 6(1), 65–74. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb

Komariya, Farida, N., & Vahlia, I. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FSLC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 96–102.

Prasasty, N., & Utaminingtyas, S. (2020). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD).

Prihartanta, W. (2015). TEORI-TEORI MOTIVASI. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11.

Primadiati, I. D., & Djukri, D. (2017). Pengaruh model collaborative learning terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7712

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Rahmi, E. G., Sudirman, D., & Sari, N. P. (2023). Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbasis Model Pembelajaran Kerja Sama Tim Kolaboratif (CTL) untuk Siswa SMPN 3 Bonjol. 14(2), 125–132. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(2).14385

Raihanah, Saadi, P., & Bakti, I. (2018). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X 3 SMA NEGERI 12 BANJARMASIN. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 61–69.

Sa’diyah, K., Muchyidin, A., & Izzati, N. (2022). Application of Collaborative Teamwork Learning Model and Guided Note Taking Model and Their Influence on Students’ Ability to Understand Mathematical Concepts. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 1(1), 14–26. https://doi.org/10.58421/misro.v1i1.14

Safitri, A., Suyanto, E., & Wahyudi, I. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CTL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS SMA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 81–92.

Sholeha, D. S., Suyatna, A., & Herlina, K. (2019). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Collaborative Teamwork Learning Terhadap Hasil Belajar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 171–187. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2447

Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN GENERATIVE PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KALIWIRO. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 11–23.

Sokman, Y., Othman, A. K., Abdul Aziz, A., Musa, M. H., Azizan, N., & Rahmat, N. H. (2023). Stages in Group Work: Is There A Relationship Among Them? International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(11). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i11/19764

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (3rd ed.). Alfabeta.

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisa di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA KONTEKSTUAL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602–2614. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Wahyuddin. (2020). Berpikir Logis, Kemampuan Verbal, Penalaran dan Komunikasi dalam Matematika. Forum Pemuda Aswaja




DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v5i2.10108

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.