Pengaruh Kecemasan Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasarkan Gender dalam Poses Pembelajaran Matematika

Veni Agustina, Granita Granita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat kecemasan matematika terhadap pembelajaran matematika di kalangan mahasiswa pendidikan matematika, dengan fokus pada perbedaan gender. Kecemasan matematika merupakan kondisi psikologis yang dapat menghambat kemampuan mahasiswa untuk memproses konsep matematika secara efektif, dan intensitasnya dapat bervariasi antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-komparatif. Sampel terdiri dari 60 mahasiswa, yang dibagi secara merata berdasarkan jenis kelamin, yang dipilih dengan menggunakan random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner kecemasan matematika yang telah divalidasi yang terdiri dari 23 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa perempuan memiliki tingkat kecemasan matematika yang lebih tinggi (rata-rata = 73,70) dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki (rata-rata = 64,67). Uji-t sampel independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (Sig. 2-tailed = 0.000 < 0.05), yang menunjukkan bahwa jenis kelamin secara signifikan mempengaruhi kecemasan matematika. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengatasi faktor emosional dalam pengajaran matematika dan merancang strategi pembelajaran inklusif yang mendukung semua mahasiswa tanpa memandang jenis kelamin.

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v5i2.10124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.