Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel: Profil Siswa Kelas VIII

Dian Wahyu Ningsih, Nur Romlah, Reni Wahyuni

Sari


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, karena membantu siswa dalam menganalisis informasi secara mendalam serta menemukan solusi atas berbagai permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa dari salah satu SMP swasta di Pekanbaru pada tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang mengacu pada enam indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan regulasi diri, serta dilengkapi dengan wawancara sebagai instrumen non-tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui telaah terhadap jawaban siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% siswa berada pada kategori kemampuan berpikir kritis rendah. Indikator inferensi paling dikuasai (83,33%), sementara regulasi diri tidak dikuasai sama sekali (0%). Hasil ini mengindikasikan perlu adanya model pembelajaran yang berfokus pada pemahaman konseptual dan keterampilan refleksi diri untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis.

Kata Kunci


kemampuan berpikir kritis, pembelajaran matematika, persamaan linier satu variabel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiana, E., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal on Education, 4(2), 373–382. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3143

Andriawan, A., Setiawati, A. S., Sari, I. P., & Chotimah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 559. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p559-568

Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Akm. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 4(1), 58–78. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25325

Anita, & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Pada Materi Barisan Aritmatika. Jurnal Matematika Ilmiah, 8(1), 30–44.

Ardiyanto, B., Nurul, A., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1475

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatra Selatan. Berkala Fisika Indonesia, 10(1), 1–11. http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/download/9485/4577

Ariyani, E. A., Baidowi, B., Wahidaturrahmi, W., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 623–634. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.217

Budiwiguna, B. S., Winarti, E. R., & Harnantyawati, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri 19 Semarang Kelas VIII Ditinjau dari Self-Regulation. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 311–319.

Elvis Napitupulu, H. F. N. R. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di SMP NEGERI 3 Stabat. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i3.178

Endah, F. N., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar. Prosiding Sesiomedika (Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika), 1999, 555–559.

Facione, P. A. (2020). Advancing thingking worldwide. In Insight assessment: Vol. XXVIII (Issue1). http://www.insightassessment.com/pdf_files/what&why2007.pd%0Ahttp://www.eduteka.org/PensamientoCriticoFacione.php

Fitriyanto, C. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender di MTS AL HIKMUSSALAFIYAH.

Gunawan, A., Fitriani, N., & Setiawan, W. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 1963–1972. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18844

Hanufa, A., Afandi, A., & Suratno, J. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2), 216–231. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i2.3152

Hasanah, E. N., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan linear satu variabel. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 8(1), 313–317. https://media.neliti.com/media/publications/502879-none-14d6af4e.pdf

Herlina, S., Wahyuni, R., Juandi, D., & Putri, F. M. (2023). Analisis Proses Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Statistika. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 5(2), 180–193. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma

Hidayat, R. A., & Noer, S. H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa dalam pembelajaran daring. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 1. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4224

Maya, F. A., Sari, I. K., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis Matematik Siswa Smk Pada Materi Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 167. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p167-176

Permata, I. (2023). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/502879-none-14d6af4e.pdf

Rahmawati, S., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Topik Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 173–178. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12849

Regiana, K., Suryaningsih, Y., & Riajanto, M. L. E. J. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (Bkm) Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 1015–1024. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2222

Rizkiana, A. M., & Warmi, A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan linear satu variabel. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 8(1), 313–317. https://media.neliti.com/media/publications/502879-none-14d6af4e.pdf

Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan dan Pendidikan (pp. 141–142).

Sarip, N., Kaharuddin, K., & Palloan, P. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Di Sman 10 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(3), 291. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i3.31668

Septiana, R., Febriarini, Y. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6)(6), 393–399.

Sihotang, M. E., & Warmi, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 5(2), 282–294.

Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, D. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089–100. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9436

Usman, K., Uno, H. B., Oroh, F. A., & Mokolinug, R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10260




DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v5i2.10155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.