Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Segiempat

Putri Istiqamah Sampurno, Ahmad Afandi, Soleman Saidi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan materi segiempat melalui pembelajaran pendekatan Open-Ended dan konvesional; 2) mengetahui apakah pendekatan Open-Ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian yang menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen Negeri 2 Kota Ternate setelah diterapkan pendekatan Open-Ended pada materi persegi panjang, diperoleh kualifikasi kreatif sekali 3 siswa (27%) kualifikasi kreatif 3 siswa 27%, kualifikasi cukup kreatif 4 siswa (36%), kualifikasi kurang kreatif 0 siswa (0%) kualifikasi tidak kreatif sebanyak 1 siswa (9%).Pembelajaran dengan  menggunakan pendekatan Open-Ended tidak saja berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, namun juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada materi segiempat.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v5i2.9929

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.