Penerapan Model Inquiry Learning dalam Peningkatan Kemampuan Metakognitif Siswa SMP pada Materi Operasi Bentuk Aljabar
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan model Inquiry Learning dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa SMP Negeri 9 Kota Ternate pada materi operasi bentuk aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII−A yang berjumlah 17 siswa, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal tes untuk mengukur kemampuan metakognitif siswa. Teknik tes berupa uraian yang terdiri dari 3 butir soal, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu tafsiran aspek metakognitif, dan gain ternormalisasi (N-Gain). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa pada materi operasi bentuk aljabar dengan nilai rata-rata N-Gain 0,57 pada klasifikasi sedang. Peningkatan siswa pada kategori tinggi ada 5 siswa dengan persentase (29%), pada kategori sedang ada 9 siswa dengan persentase (52%) dan pada kategori rendah ada 3 siswa dengan persentase (17%).
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v5i2.9933
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##
Editorial Office :Â Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Telepon: (0921) 3121550
Email:Â joko.s@unkhair.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.