Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam model
Discovery Learning dipadu dengan
Numberd Heads Together (DLNHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental (
Quasy Experiment). Penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018 - 2019 di SMA Negeri 5 di Kota Ternate. Teknik analisa menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan membandingkan nilai pre dan post test. Soal pre test berjumlah 15 nomor dan soal uraian berjumlah 5 nomor. Teknik analisis deskriptif hasil belajar meliputi presentase hasil belajar,ketuntasan dan presentase predikat sangat baik (A),baik(B),Cukup(C) dan kurang (D) serta uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dari pre test ke post test. Teknik analisis statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian melalui sistem (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh model pembelajaran Discovery dikombinasikan dengan Numberd Heads Together adalah 83. Prosentase ketuntasan hasil belajar 100%,perolehan kategori sangat baik (20,8%), kategori baik (75%), kurang (4,2%) dan kurang (0%). Hasil analisis statistik inferensial uji N-gain adalah 3,8 > 0,7 pada sampel menunjukan ada peningkatan kategori tinggi terhadap hasil pre dan post test. Hasil uji homogenitas adalah 0,00 > 0,05 menunjukan sampel berada dalam homogenitas, uji normalitas adalah 0,77 > 0,05 menunjukan sampel berada dalam keadaan homogen dan uji anacova adalah 0,01 < 0,05. Hasil Uji anacova membuktikan hipotesa ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan modelÂ
Discovery Learning dipadu dengan Numberd Heads Together (DLNHT).
Â
Kata kunci : Model Discovery Learning, Numberd Heads Together (DLNHT), Hasil     Â
                     Belajar Siswa , Subtansi Genetik
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------