MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVIEMENT DEVISION (STAD) BERPENDEKATAN SAITIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA
Sari
Model Student Teams Achieviement Devision (STAD) merupakan pembelajaran kooperatif yang sederhana, yang terdiri atas langkah utama yaitu: presentasi kelas, kerja tim, kuis, dan rekognisi tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 2 Kota Ternate pada materi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya. Penelitian ini merupakan quasy eksperimen dengan rancangan Pretest–Posttes Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA, sementara populasi penelitian adalah peserta didik kelas X IPA1 dan X IPA2, dengan jumlah siswa masing-masing 25 orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemapuan (preetes dan posttes). Hasil uji anacova menunjukkan nilai sig. 0,000˂0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berpendekatan saintifik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kognitif peserta didik.
Kata kunci:  Model STAD, saintifik , kemampuan kognitif.
Teks Lengkap:
Hal. 66-73DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1081
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.