MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVIEMENT DEVISION (STAD) BERPENDEKATAN SAITIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA

Sumiyati Saleh, Bahtiar Bahtiar, Ade Haerullah

Sari


Model Student Teams Achieviement Devision (STAD) merupakan pembelajaran kooperatif yang sederhana, yang terdiri atas langkah utama yaitu: presentasi kelas, kerja tim, kuis, dan rekognisi tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 2 Kota Ternate pada materi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya. Penelitian ini merupakan quasy eksperimen dengan rancangan Pretest–Posttes Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA, sementara populasi penelitian adalah peserta didik kelas X IPA1 dan  X IPA2, dengan jumlah siswa masing-masing 25  orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemapuan (preetes dan posttes). Hasil uji anacova menunjukkan nilai sig. 0,000˂0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berpendekatan saintifik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kognitif peserta didik.

Kata kunci:  Model STAD,  saintifik , kemampuan kognitif.


Teks Lengkap:

Hal. 66-73


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1081

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.